...
Apa Itu Brand Awareness, Manfaat dan Cara Meningkatkannya?

Apa Itu Brand Awareness, Manfaat dan Cara Meningkatkannya?

Apa Itu Brand AwarenessSaat menjalankan bisnis, apakah Anda menyadari bahwa nama dan simbol merek perusahaan sangat mempengaruhi daya beli pelanggan?

Sehingga banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan nama merek dan simbol yang mudah diingat oleh banyak orang.

Sehingga para konsumen pun menyadari dan mengenali bahwa nama produk dan simbol tersebut merupakan milik perusahaan yang bersangkutan.

Sebenarnya, apa itu Brand Awareness tersebut? Mengapa sangat penting bagi perusahaan bisnis? Dan gimana sih caranya untuk meningkatkan Brand Awareness tersebut?

Apa Itu Brand Awareness?

Apa Itu Brand Awareness
algotech.co.id

Secara umum, brand awareness adalah istilah yang menggambarkan sejauh mana pelanggan mengenali merek atau produk yang dijual. Hal tersebut bisa diketahui dari cara mereka merespon setiap melihat produk tersebut.

Kalau pelanggan tidak mempedulikannya, maka dapat menunjukkan bahwa tingkat brand awareness bisnis Anda masih rendah.

Oleh karena itu, membangun brand awareness menjadi sebuah langkah yang tepat untuk memasarkan perusahaan dan produk, apalagi bagi Anda yang baru merintis. 

Kenapa Brand Awareness Sangat Penting?

Kenapa Brand Awareness Sangat Penting
ausgezeichnet.org

Dengan berdasarkan penjelasan sebelumnya, mengenalkan merek sangat penting dalam bisnis apapun. Karena, kalau pembeli nggak tahu merek perusahaan Anda, kemungkinan mereka nggak akan membelinya lagi.

Selain itu, promosikan juga produkmu supaya nama merek terus tertanam pada pelanggan. Jadi saat mereka mengingatnya, maka kemungkinan besar mereka akan membeli produknya lagi bahkan bisa menyarankan ke teman.

Dengan begitu, Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan brand awareness dan apa saja manfaatnya bagi para pebisnis?

Apa Manfaat Brand Awareness Bagi Bisnis?

Manfaat Brand Awareness Bagi Bisnis
kemenkopukm.go.id

Ketika sudah memahami pengertiannya, jadi sebenarnya apa sih manfaat brand awareness untuk bisnis? Ingin tahukan? Simak penjelasannya di bawah ini!

  • Bisa membantu menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada bisnis yang dijalankan.
  • Bisa membantu meningkatkan loyalitas pelanggan untuk terus membeli produk maupun jasa yang ditawarkan.
  • Bisa menciptakan impresi yang mendalam untuk menjangkau pelanggan secara personal.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Cara Meningkatkan Brand
oberlo.com

Di era digital sekarang, banyak merek yang dapat ditingkatkan dengan berbagai metode. Ada 7 cara dalam meningkatkan brand awareness yang dapat dicoba, seperti:

1. Buatlah Logo dan Slogan Produk yang Menarik

Merek nggak selalu berkaitan dengan nama, sebab kebanyakan orang lebih cepat mengingat gambar daripada tulisan.

Supaya merek produk Anda cepat diingat, sebaiknya buat logo yang memiliki identitas khusus, sesuaikan dengan produk yang dijual serta bedakan logo dengan merek yang lainnya.

Kalau logo masih belum efektif, maka buatlah slogan produk yang sesuai dengan kondisi produk sehingga sangat mudah untuk diingat.

2. Menggunakan Media Sosial

Dengan berdasarkan data statistik, jumlah masyarakat Indonesia sekitar 272 juta jiwa, namun terdapat 160 juta jiwa pengguna media sosial yang aktif. Sehingga banyak perusahaan yang menggunakan media sosial untuk mengenalkan merek produknya.

3. Gunakan Website

Kalau Anda mempunyai kemampuan pemrograman atau mempunyai modal yang cukup, maka Anda dapat menggunakan website untuk mengenalkan dan meningkatkan merek produkmu kepada calon konsumen.

4. Kenalkan Produk dalam Acara Tertentu

Selain diatas, Anda juga bisa memasukkan produk ke dalam acara tertentu. Karena biasanya dalam acara besar mengundang banyak orang.

5. Menjalankan Co-branding

Kalau merek yang dimiliki masih kecil, maka ajaklah kerjasama merek lain dengan nama besar atau hal tersebut dinamakan co-branding.

6. Sistem Reward

Siapa sih yang nggak tertarik dengan hal gratis? Anda bisa menggunakan menggunakan reward sehingga dapat memberikan hadiah kepada calon konsumen. Jadi, para konsumen pun dapat mengingat merek tersebut dengan mudah.

7. Bekerjasama dengan Influencer

Cara yang terakhir ini juga dapat menjadi solusi efektif. Namun Anda harus mempunyai dana yang cukup supaya dapat menyewa jasa influencer untuk mempromosikan produk.

Untuk membuat dan menciptakan brand awareness yang membekas di hati masyarakat, tentu saja membutuhkan riset yang mendalam dan ide brilian. Oleh sebab itu, hitunglah segala sesuatu dengan teliti dan jangan pernah ragu untuk mencobanya.