...
Apa Itu Meta Keyword? Fungsi, Cara Kerja & Cara Memasangnya

Apa Itu Meta Keyword? Fungsi, Cara Kerja & Cara Memasangnya

Apa Itu Meta Keyword – Membuat website berada di halaman pertama google itu cukup sulit. Kok bisa? Karena banyak kompetitor dan algoritma penentuan rangking Google juga susah ditebak.

Nggak heran jika harus terus mengoptimasi website supaya berada di halaman pertama mesin pencari google. Salah satu cara untuk meningkatkan peringkat dan traffic website yaitu menggunakan SEO.

Dalam teknik SEO, terdapat perintah untuk mengoptimasi meta keword. Kira-kira kenapa ya meta keyword harus dioptimasi? Kemudian apa saja fungsi dan  cara memasangnya yang benar di website?

Sebenarnya Apa Itu Meta Keywords?

Sebenarnya Apa Itu Meta Keywords
consulting.com

Apa Itu Meta Keyword? Meta keywords merupakan bentuk meta tags dalam HTML yang berada di halaman website.

Meta keywords ini biasanya mendeskripsikan konten dari website dengan singkat dan terletak di dalam list pencarian google yang merujuk pada konten internet.

Meta ini pertama kali digunakan pada akhir tahun 1990an, seluruh ranking cuma terpatok di daftar pencarian di Search Engine. Umumnya dikenal sebagai daftar pencarian yang sering masyarakat cari di Google.

Gimana Cara Memasang Meta Keyword?

Cara Memasang Meta Keyword
squarespace-cdn.com

Meta keyword menjadi salah satu elemen yang memberikan informasi terkait konten suatu halaman website secara efektif. Jadi nggak ribet untuk mengubah coding sedikit pun.

Untuk memasangnya pun cukup mudah, caranya dengan plugin SEO yang tersedia kemudian masukkan kata kunci di kolom Meta Keyword. Misalnya Anda menggunakan Yoast SEO di WordPress untuk memasukkan keyword di suatu  post.

Sebelum menambahkan keyword, lakukan pengaturan manual terlebih dahulu. Cara memasang Meta Keyword di Yoast SEO yang diterapkan, yaitu:

  • Buka tab Titles dan Meta
  • Pilih opsi Other
  • Aktifkan User meta keyword tag
  • Simpan perubahannya
  • Cari bagian Snippet 
  • Tambahkan kata kunci di kolom Meta Keyword
  • Masukkan keyword yang dibutuhkan
  • Klik tombol Update

Apa Fungsi Meta Tag?

Fungsi Meta Tag
vocasia.id

Seperti yang sudah diketahui bahwa meta tag berperan penting dalam memunculkan website di mesin pencarian. Bahkan, berfungsi juga untuk menarik hati para pengguna saat membaca konten pada website tersebut.

Salah satu cara untuk menarik hati para pengunjung yaitu manfaatkan fungsi dari ketiga jenis meta tag berupa meta title, description dan keyword.

  • Meta title, digunakan browser web dan mesin pencari Google dalam menampilkan halaman web di hasil pencarian.
  • Meta description, berfungsi untuk mempengaruhi pengunjung agar masuk ke halaman website dan melihat konten yang diberikan.
  • Meta keyword, berfungsi untuk memberikan informasi beberapa kata keyword yang relevan dengan konten.

Bagaimana Meta Keyword Bekerja?

Bagaimana Meta Keyword Bekerja
ipower.eu

Pada dasarnya, ada tiga mekanisme kerja dari meta keyword dalam mengoptimasi sebuah website. Meta keyword tersebut, yaitu:

1. Indexing Pada Mesin Pencari

Keberadaan meta keyword sangat berpengaruh dalam proses crawling oleh mesin pencari. Setelah memperoleh data dari situs website, mesin pencari akan melakukan proses indexing.

Namun, meta ini nggak bisa  menjadi patokan penentu konten di peringkat teratas dalam mesin pencari google.

2. Pengumpulan Informasi

Setelah itu, mesin pencari akan mengumpulkan data informasi terkait  konten dan kata kunci yang sudah terindeks.

Jadi mesin pencari nantinya akan memastikan apakah konten website yang terindeks tersebut cocok dengan keyword yang dimasukkan.

3. Menentukan Ranking Mesin Pencari

Walaupun nggak terlalu berpengaruh dalam menentukan posisi di mesin pencari, namun meta keyword menjadi variabel yang nggak bisa dianggap sepele.

Menggunakan meta keyword ini akan menandai kata kunci terbanyak untuk memasukkannya dalam peringkat mesin pencari.

Nantinya, secara otomatis mesin pencari dapat membaca konten tersebut. Kemudian mengidentifikasi sebagai konten yang relevan untuk berada di peringkat atas mesin pencari google.

Gimana? Apakah sudah lebih paham dengan meta keyword tersebut? Perlu diketahui bahwa meta keyword menjadi sebuah variabel yang terbaca mesin pencari dan disesuaikan dengan peringkat teratas dalam hasil pencarian.

Jadi Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan internal keyword tagging system maupun penelusuran di bagian website internal.