Apa Itu LSI Keyword dan Apa Saja Manfaatnya Tersebut?

Apa Itu LSI Keyword dan Apa Saja Manfaatnya Tersebut?

Apa Itu LSI Keyword – Sebagai mesin pencari terkenal di dunia, tentu saja Google sudah menyediakan hasil pencarian terbaik untuk penggunanya. Namun, gimana cara mereka menggunakannya?

Bukankah konteks pencarian setiap orang akan berbeda-beda bukan? Nah misalnya seperti saat orang mengetikkan kata “Palu” di kolom pencarian. Lalu gimana cara Google membedakan hasil pencarian untuk Kota Palu dan untuk palu perkakas?

Agar lebih mudah, kuncinya ada di LSI keyword. Dengan mengidentifikasi keyword-keyword khusus, Google bisa membaca konteks dari sebuah konten sehingga muncul di hasil pencarian yang tepat.

Nggak heran kenapa LSI keyword sangat penting. Kalau Anda memasang keyword yang tepat, maka kontenmu akan mudah di jumpai oleh target pengunjung. Ingin tahu lebih jelas apa itu lsi dan manfaat keyword? Yuk disimak sampai akhir!

Apa itu LSI Keyword?

Apa itu LSI Keyword

LSI (Latent Semantic Indexing) keyword merupakan kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari.

Saat Anda mengetikkan kata kunci keyboard di mesin pencari, maka hasil pencarian yang keluar tentang keyboard pada komputer dan alat musik. Sebab keyboard mempunyai arti yang serupa, sehingga Google memberikan hasil yang ambigu.

Agar terhindar dari hal tersebut, dibutuhkan LSI keyword lainnya seperti komputer, perangkat dan sebagainya.

Selain itu LSI keyword juga berperan penting untuk SEO, sehingga penulis disarankan menuliskan artikel dengan kata kunci yang spesifik dan sesuai dengan isi artikel.

Bagaimana Sih Cara Kerja LSI Tersebut?

Bagaimana Sih Cara Kerja LSI Tersebut
blogcasestudy.com

Sebenarnya cara kerja LSI sedikit rumit, sebab menggunakan rumus matematika yang kompleks untuk memahami hubungan antar kata.

Baca:  Manfaat Serta Apa Itu Organic Traffic SEO Sebenarnya?

Meski begitu Anda nggak perlu mengerti cara kerja semuanya, namun cukup pahami garis besarnya saja, misalnya seperti:

  • Mesin pencari akan mencari persamaan dari kata yang digunakan, misalnya bulan mempunyai dua makna yaitu bulan satelit dan penanggalan.
  • Kata-katanya terhubung secara semantik misalnya bulan satelit terhubung dengan objek astronomi, orbit dan planet. Sementara bulan penanggalan terhubung dengan Januari, Februari dan Maret.
  • Mesin pencari mengelompokkan bulan satelit dan penanggalan ke dalam kategori yang berbeda. Jadi LSI keyword yang dipakai di konten dapat menentukan jenis bulan.

Sangat penting bukan perannya? Apalagi LSI keyword bukan cuma memberi konteks pada para pembaca saja loh, melainkan pada mesin pencari.

Apa Saja Manfaat LSI Keyword Terhadap SEO?

Manfaat LSI Keyword Terhadap SEO
seoalive.com

Secara umum, LSI keyword untuk SEO adalah sebuah hal yang masih menjadi misteri sampai sekarang.

Bahkan banyak pendapat yang mengatakan bahwa cuma mitos semata. Namun faktanya terdapat beberapa manfaat saat menggunakannya,seperti:

  • Dapat membantu meningkatkan kualitas konten dengan banyak istilah yang terkait pada kata kunci.
  • Konten selalu dinilai relevan tanpa keyword yang berlebihan.
  • Konten lebih menjangkau banyak pengguna di internet.
  • Search engine bisa memberikan peluang peringkat yang cukup tinggi, sebab banyak istilah yang membantu peningkatan peringkat situs website.
  • Menghindari sanksi dari Google yang disebabkan penggunaan kata kunci yang sering.

Tools Apa yang Digunakan LSI Keyword?

Tools Apa yang Digunakan LSI Keyword
bluecorona.com

Ternyata banyak tools loh yang bisa membantu pengguna untuk menemukan kata kunci LSI pada Website. Adapun alat riset LSI keyword terbaik yang dapat digunakan secara gratis, yaitu:

1. LSI Keywords

LSI keyword yaitu sebuah alat gratis yang populer untuk mencari LSI keyword.

Bahkan, terdapat tiga metrik yang dapat memperoleh dari tools LSI keyword seperti:

  • Monthly Volume, jumlah rata-rata pencarian keyword tersebut dalam kurun waktu satu bulan
  • CPC, jumlah yang dibayarkan jasa pengiklan untuk sekali klik di Google Ads.
  • Competition, mengukur jumlah pengiklanan yang mengincar keyword terkait. Dimana variabelnya diukur dengan skala 0-1, semakin besar angkanya, maka semakin besar juga tingkat persaingannya.
Baca:  Apa Itu SEO Negatif? Apa Saja Teknik yang Dilakukan Pada Web?

Ketiga metrik tersebut bisa pertimbangkan terlebih dahulu saat memilih LSI keyword. Namun pilihan yang paling tepat dan ideal yaitu monthly volume paling tinggi dan competition yang rendah.

Alat tersebut bisa membantumu untuk mencari LSI keyword dengan 10 topik sekaligus. Meski begitu, Anda harus mencari satu topik saja dalam satu pencarian supaya LSI keyword lebih akurat.

2. Google Keyword Planner

Google keyword planner adalah salah satu alat riset keyword yang sudah tersedia dari Google. Fungsi utamanya untuk membantu pengguna Google Ads mencari keyword saat menyusun iklan.

Namun, Anda bisa menggunakannya untuk mencari kata kunci LSI juga. Untuk menggunakannya, Anda harus mempunyai akun Google Ads terlebih dahulu.

Sebaiknya, pilih jenis kata kunci LSI dengan volume pencarian yang cukup tinggi dan tingkat kompetisi rendah.

3. Ubersuggest

Ubersuggest adalah salah satu tool terbaik yang digunakan secara gratis juga loh.

Saat menggunakan, Anda nggak cuma melihat volume tingkatan kompetisinya saja, melainkan pencarian bulanannya juga.

Bahkan, Anda juga bisa melihat trend pencarian kata kunci LSI di dalam kolom trend. Namun pastikan juga kata kunci yang dipilih memiliki tren yang positif dalam waktu 12 bulan terakhir.

Perlu diketahui bahwa, mengetahui kata kunci yang tepat merupakan hal yang cukup penting, sebab membantumu dalam meningkatkan performa dan jangkauan Website yang dikelola.