...
Apa Itu Search Volume? Gimana Cara Menganalisisnya?

Apa Itu Search Volume? Gimana Cara Menganalisisnya?

Apa Itu Search Volume? – Anda ingin menemukan keyword yang unggul untuk ditargetkan? Tapi nggak tau mulai dari mana? Tentu saja semua marketer SEO dan digital tahu bahwa menargetkan keyword yang tepat dapat menarik traffic internet.

Salah satu peran penting dalam memilih keyword target yaitu volume pencarian sebab kalau nggak ada yang mencari keyword tersebut, maka nggak ada yang menemukan konten mu.

Sebelum melakukannya, sebaiknya cari tahu dulu apa itu search volume, gimana cara menganalisisnya dan gimana Mencari Volume Pencarian Kata Kunci.

Sebenarnya Apa Itu Search Volume?

Sebenarnya Apa Itu Search Volume
searchmetrics.com

Search volume yaitu jumlah rata-rata pencarian dari keyword dalam satu bulan. Semakin besar jumlah volumenya, semakin populer juga keyword tersebut. Jadi search volume merupakan sebuah indikator yang dapat digunakan untuk menentukan target keyword.

Mengapa Search Volume Penting?

Mengapa Search Volume Penting
ahrefs.com

Search volume sangat penting untuk mengidentifikasi sebab berharganya kata kunci dalam melakukan strategi. Volume dengan pencarian yang tinggi juga bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Gimana Cara Mencari Volume Pencarian Kata Kunci?

Cara Mencari Volume Pencarian Kata Kunci
umbrellum.com

Untuk mengetahui jumlah keyword search volume, maka bisa menggunakan berbagai jenis tools yang tersedia secara gratis maupun berbayar.Tools tersebut diantaranya yaitu: 

1. Google Trends

Jika Anda sudah mendapatkan keyword potensial, maka jalankan keyword tersebut melalui Google Trends untuk menjelajahi kapan dan di mana keyword akan ditelusuri. 

2. BiQ Keyword Intelligence

BiQ Keyword Intelligence menghasilkan keyword yang terkait dengan keyword inti. Jadi Anda bisa melihat pertanyaan populer untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang apa yang dicari pengguna.

Bahkan bisa juga memilih untuk melihat penelusuran dan topik yang sedang tren.

3. SEM Rush

SEM Rush yaitu tool kompetitif yang menawarkan banyak data, termasuk volume pencarian kata kunci. Selain itu tools ini juga menawarkan tampilan dashboard untuk kata kunci tertentu.

Jadi bisa melihat perkiraan volume penelusuran rata-rata, cpc serta daya saing kueri.

Selain disediakan grafik tentang tren kata kunci yang berubah dari waktu ke waktu, disediakan juga kata kunci terkait dan pencocokan frasa yang relevan dengan kueri asli.

4. LSIGraph

Tools ini akan memberikan keyword yang ditautkan secara semantik sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan traffic.

Mesin pencari memang nggak selalu benar untuk menentukan hasil yang diinginkan pengguna, namun  menghasilkan keyword tambahan di sekitar istilah pencarian utama.

Gimana Cara Menganalisis Search Volume?

Cara Menganalisis Search Volume
sanity.io

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menganalisis potensi dari search volume suatu keyword.

Cara untuk menganalisisnya adalah dengan mempertimbangkan kompetitor, trend terkini, kemampuan website, dan lokasi sebagai berikut.

1. Perhatikan Kompetitor

Perhatikan keyword yang ditargetkan, apakah kompetitor mendapatkan ranking pada keyword tersebut atau tidak? Kalau kompetitor sudah mendapatkan ranking di target keyword, maka analisis kontennya menjadi lebih baik.

Sebaliknya, kalau kompetitor belum mendapat ranking, maka target keyword mempunyai peluang yang tinggi dan harus diprioritaskan.

2. Sadar akan Trend Terkini

Satu hal yang perlu diketahui yaitu angkanya selalu berubah pada rentang waktu tertentu. Perubahan jumlah search volume tergantung dari keyword tersebut.

Bisa saja target keyword ini mempunyai volume yang tinggi, namun beberapa bulan lagi jumlahnya menurun. Oleh sebab itu, perhatikan perubahan trend sebelum menentukan keyword yang ditarget.

3. Lakukan Optimasi Sesuai Kemampuan Website

Sebelum menentukan keyword yang ditargetkan, perhatikan kemampuan website. Website baru dengan domain authority yang rendah dan jumlah konten yang sedikit pasti kesulitan untuk memenangkan persaingan di SERP.

Jadi gunakan keyword dengan search volume yang rendah, tetapi persaingannya mudah. Cara tersebut dapat meningkatkan visibilitas website secara bertahap.

4. Pertimbangkan Lokasi 

Sebuah website harus menargetkan keyword dengan lokasi spesifik. Jadi local SEO sangat bermanfaat untuk yang menjalani bisnis di area tertentu saja.

Selain mendapatkan audiens yang tepat sesuai lokasi bisnis, kontenmu akan lebih mudah mendapatkan ranking.

Kalau Anda menemukan keyword dengan search volume rendah namun relevan dengan topik, maka jangan ragu untuk menargetkan keyword tersebut. Sebab, website yang mempunyai banyak keyword pada satu topik spesifik akan mendapatkan topical authority.