Ide Pemasaran Bisnis Cake Anda agar Laris

Ide Pemasaran Bisnis Cake Anda agar Laris

Bisnis Cake

Pemasaran bisnis cake dengan lebih unik dan menarik menjadi salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis cake Anda.

Sesering apa Anda mengkonsumsi cake dalam waktu belakangan ini? Selain hari perayaan tertentu sepertinya sudah tidak asing lagi ya bagi kita untuk mengkonsumsi cake sehari hari.

Toko roti juga semakin banyak bermunculan. Hal ini menunjukkan bahwa ada demand terhadap produk cake mengalami peningkatan dan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Berdasarkan hal tersebut maka setiap pebisnis cake perlu melakukan kiat-kiat agar produknya bisa terus bertahan dan bersaing dengan toko lainnya.

Pemasaran bisnis cake perlu kita lakukan dari berbagai hal yang memungkinkan untuk dilakukan. Di sini kita bisa memanfaatkan pemasaran dari segala sisi baik online maupun offline. 

Tips Pemasaran Bisnis Cake Secara Online

Kehadiran toko saja tidak memenuhi kebutuhan bisnis saat ini karena sedang masanya segala hal secara online. Hal ini memunculkan kebutuhan bisnis kue dan roti Anda untuk hadir secara online untuk melayani pelanggan. 

Mulai banyak bisnis kue dan roti yang menjadi beroperasi secara mobile atau online. Ditunjang dengan tersedianya berbagai platform yang mudah kita operasikan di pasaran.

Bahkan banyak para produsen cake telah membangun aplikasi pemesanan cake untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pelanggan mereka yang memiliki waktu terbatas untuk berbelanja secara offline.

Pemasaran online ini juga bisa menjadi cara memasarkan kue buatan sendiri dengan efektif. Tingkatkan penjualan cake Anda dengan beberapa tips pemasaran online yang sangat berguna berikut ini:

  • Promosi Media Sosial

Media sosial bisa menjadi tempat yang tepat jika kita gunakan untuk Pemasaran bisnis cake

Hampir setiap hal keramaian atau kejadian viral di media sosial akhir-akhir ini. Media sosial bisa menjadi tempat yang tepat jika kita gunakan dengan baik apalagi media ini tidak menimbulkan cost alias gratis.

Baca:  Bisnis Kue Kering Saat Ramadhan: Tips dan Trik

Penggunaan yang tepat juga dapat berdampak pada banyak bisnis sebagai bentuk pemasaran bisnis cake online. Target pasarnya juga luas bahkan tak terbatas karena media sosial dapat dijangkau oleh siapa saja, dari mana saja.

Anda dapat melakukan berbagai kampanye sebagai bentuk promosi di berbagai platform social media untuk meningkatkan keterlibatan konsumen produsen. Bisa berupa memposting gambar penawaran atas produk Anda di media social seperti instagram, facebook, twitter, atau whatsapp.

Melalui media sosial Anda juga dapat menjalankan kontes yang dapat diikuti oleh siapapun. Dengan mempopulerkan sebuah hastag (#) kontes yang sedang dijalankan. Ini juga bentuk promosi yang bagus

  • Ulasan Produk

Ternyata produk paling banyak terjual ialah yang ulasannya mayoritas positif. Oleh karena itu, mintalah pelanggan Anda untuk meninjau bisnis Anda melalui Facebook, situs web, atau platform ulasan lainnya.

Pelanggan cenderung memesan produk yang memiliki ulasan positif dan rating atau bintang yang tinggi. Selain itu, produk yang memiliki ulasan yang baik akan muncul di halaman utama sebagai produk best seller.

  • Blog atau Web

Membangun blog atau web bisnis baik bagi usaha anda karena bisa menjadi cara pemasaran roti bakery secara meluas. Melalui web, calon konsumen maupun konsumen dapat melihat berbagai konten yang anda miliki.  

Publikasikan konten unik dan informatif mengenai bisnis Anda, seperti ide kue unik, ide dekorasi acara, dan hal menarik lainnya di blog dan itu akan bermanfaat dalam jangka panjang.

Jangan membatasi diri Anda hanya dengan berjualan di dalam toko. Bangun aplikasi atau situs web pemesanan kue Anda dan tingkatkan jumlah pesanan Anda. 

  • Tampilkan Iklan Produk Anda di Platform Populer yang Relevan

Hadir di platform yang diperlukan menjadi strategi pemasaran kue tradisional, seperti di halaman berbagai sosial media, platform berita online,

Hadir di platform yang diperlukan menjadi strategi pemasaran kue tradisional, seperti di halaman berbagai sosial media, platform berita online, panduan e-guide, dan portal apa pun yang relevan dengan bisnis kue dan roti.

  • Formulir Online Feedback

Anda dapat membuat formulir umpan balik online pada saat pembelian atau setelah pembelian yang akan memberi Anda gambaran tentang kue Anda dan jika ada perbaikan yang diperlukan.

Baca:  Tips Jadi Reseller Baju Lebaran Agar Produk Laris Manis

Dari setiap konsumen yang melakukan pembelian secara online, Anda berikan juga tembusan berupa link atau halaman akhir setelah proses pemesanan atau pembelian dengan halaman feedback.

Feedback dapat berupa kritik dan saran dari konsumen kepada toko, pelayanan atau servis, kepada produk tertentu, atau kepada aplikasi pemesan yang Anda bangun. Dengan masukan ini Anda dapat mempertimbangkan perbaikan yang diperlukan.

Tips Pemasaran Bisnis Cake Secara Offline

Walaupun kini berbagai kegiatan bisnis banyak yang dijalankan secara online, kehadiran offline store juga penting untuk diperhatikan. Karena masih ada sebagian orang yang menyukai pembelian secara langsung mengunjungi toko. 

Tingkatkan penjualan cake Anda dengan beberapa tips pemasaran offline atau promosi bisnis bakery offline yang sangat berguna berikut ini:

  • Bangun Suasana Toko Yang Estetik

Tampilan dan suasana toko yang menarik dan estetik menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Memajang produk cake Anda di etalase cantik dengan deskripsi singkat akan memanjakan mata pengunjung.

Tampilkan produk sedemikian rupa sehingga menarik pelanggan dan membuat mereka berkeinginan untuk membeli produk tersebut secara berulang. 

Bangun dekorasi interior yang sesuai dengan tema cake yang Anda jual sedemikian rupa. Pengunjung yang tidak berniat membeli cake tema tersebut pun akan tertarik juga.

Dengan segala penataan yang estetik ini, sediakan pula zona foto. Pelanggan tak akan segan memotret apa yang  mereka lihat kemudian di upload ke sosial medianya. Ini juga merupakan bentuk pemasaran bisnis cake yang bagus.

  • Pelayan Toko yang Baik

eran pelayan toko di sinilah yang mereka perlukan untuk melakukan bimbingan atau nasihat kepada pembeli untuk memilih yang terbaik. 

Melihat keragaman produk cake di toko, biasanya pelanggan cenderung bingung menentukan pilihan. Peran pelayan toko di sinilah yang mereka perlukan untuk melakukan bimbingan atau nasihat kepada pembeli untuk memilih yang terbaik. 

Baca:  Contoh Bisnis Plan yang Cocok untuk Era Millenial

Anda dapat memberi saran berdasarkan event atau cake untuk acara apa sebagai pertanyaan pembuka. Kemudian berikan saran beberapa pilihan cake yang sesuai beserta pilihan tema juga rasa-rasa yang ada hingga kisaran harga. 

Pelayanan ini akan menyebabkan peningkatan rasio kunjungan kembali pelanggan. Namun, tetap lihatlah atau pahamilah pelanggan yang suka di damping dan yang tidak agar tetap menjaga kenyamanan pembeli.

  • Zona Testimonial

Sediakan satu corner zona berupa dinding ataupun pohon pesan. Pada zona tersebut, persilahkan para pembeli untuk menuliskan pesan ataupun berfoto dengan produk untuk kemudian di tempelkan di dinding atau pohon pesan. Spot ini akan mengundang pelanggan untuk mengunggahnya di social media mereka. 

  • Diskon Toko

Tawarkan diskon toko dengan mengumpulkan struk pembelian atau kartu pelanggan

Tawarkan diskon toko dengan mengumpulkan struk pembelian atau kartu pelanggan. Diskon ini akan membuat para pelanggan tetap setia juga secara tidak langsung akan meningkatkan rasio pelanggan setia melalui pelayanan yang baik.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang terus mau melakukan inovasi demi berkembangnya usaha tersebut. Itulah beberapa tips ide pemasaran bisnis cake yang dapat Anda lakukan.