Bisnis Kue Kering Saat Ramadhan: Tips dan Trik

Bisnis Kue Kering Saat Ramadhan: Tips dan Trik

Bisnis kue kering saat ramadhan menjadi salah satu peluang bisnis yang bagus karena bertepatan dengan momen menyambut hari raya
Sumber gambar: https://pixabay.com/id/photos/kue-kering-memanggang-kue-kue-manis-756601/

Bisnis kue kering saat ramadhan menjadi salah satu peluang bisnis yang bagus karena bertepatan dengan moment menyambut hari raya idul fitri dan adanya demand yang tinggi.

Peluang bagus ini jangan sampai di sia-siakan, khususnya bagi pengusaha berskala mikro kecil maupun individu yang ingin memanfaatkan momen ini.

5 Langkah Jalani Bisnis Kue Kering Saat Ramadhan

Sebagai penjual kue kering ada beberapa hal yang harus kita ketahui untuk menjalankan bisnis kue kering agar produk kita sukses terjual di pasaran. Berikut ini ada 5 Langkah yang wajib Anda ketahui:

1. Menentukan Produk yang Akan Anda Jual

Menjadi seorang produsen harus menentukan produk apa yang akan di jual atau produk apa yang akan kita produksi. Ada begitu banyak jenis dan varian kue kering di pasaran, maka kita harus fokus pada satu atau beberapa kue kering saja.

Pemilihan produk kue kering sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan Anda atau Anda juga bisa menjual kue kering kiloan (reseller). 

Modal usaha kue kering kiloan terbilang tidak banyak dibanding produksi sendiri yang harus membeli bahan-bahan dan alat- alat pembuatan kue. Hanya saja Anda harus pandai membaca trend dan harga dari produk itu sendiri.

2. Melakukan Inovasi Pada Produk Terutama pada Rasa dan Visualnya

Berinovasi dengan membaca dan memanfaatkan tren yang sedang terjadi merupakan ide yang bagus dalam melakukan inovasi.

Baca:  Pilihan Jenis Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Pembaruan pada tampilan kue, baik motif maupun bentuk agar terlihat kekinian namun dengan rasa yang tetap lezat. Sehingga tetap bisa bersaing di pasaran dengan produk kue kering lainnya.

Misalnya sedang tren red velvet atau oreo, maka Anda bisa tambahkan cita rasa tersebut ke dalam kue kering yang Anda buat atau produksi. Bisa juga mengikuti warna yang sedang nge-tren seperti warna rose gold, maka bisa Anda buat tampilan kue kering dengan aksen rose gold.

Jika pada saat ramadhan sedang musim semi misalnya, biasanya akan banyak bunga-bunga bermekaran dan yang paling popular adalah sakura. Maka Anda bisa membuat ini menjadi ide bisnis kue kering saat ramadhan pada bentuk kue kering. 

Bentuk-bentuk baru sebagai visual yang segar akan semakin menambah minat beli karena tampilan bentuk yang fresh dan kekinian serta rasa yang lezat.

3. Jangan Lupa Memperhatikan Tanggal Kadaluarsa Produk

Salah satu hal krusial pada produk makanan ada tanggal kadaluarsa. Tuliskan atau cantumkan tanggal kadaluarsa, sehingga konsumen tahu sampai kapan produk ini dapat dikonsumsi.

Tanggal kadaluarsa juga penting untuk kita ketahui agar tidak menjual produk basi. Karena bisa mengakibatkan keracunan dan merugikan bagi konsumen.

Jika sudah ada citra buruk pada produk yang kita jual, utamanya jika kita menjual produk melewati batas kadaluarsa, hal ini dapat menimbulkan berkurangnya kepercayaan konsumen pada produk kita yang pastinya berpengaruh pada penjualan.

Usahakan selalu menjadi penjual yang jujur dan mengedepankan kualitas serta mempertahankan kepercayaan konsumen Anda.

4. Bukalah Store Online di e-Commerce

Semenjak maraknya work from home membuat meningkatnya konsumsi produk via online market karena keterbatasan untuk bepergian kemana-mana. Anda Juga bisa memanfaatkan fasilitas ini juga loh.

Cobalah untuk membuka online market seperti di Shopee atau Tokopedia. Anda juga bisa membuat web khusus untuk bisnis kue kering saat ramadhan yang kemungkinan bisa berlanjut tidak hanya ketika ramadhan saja.

Baca:  Berikut 3 Kunci Sukses Ala Sandiaga Uno ke Milenial

Walaupun kita tahu memang kelebihan dan kekurangan usaha kue kering di luar bulan ramadhan, namun tidak ada salahnya untuk tetap di coba berbisnis kue kering.

5. Maksimalkan Metode Pemasaran Word of Mouth dan Juga Sosial Media

Pemasaran sangat penting bagi pebisnis apapun supaya produknya laris manis di pasaran. Saat ini banyak usaha-usaha kecil atau rintisan yang memanfaatkan social media. Anda pun juga bisa melakukan hal sama.

Postinglah produk kue kering ke laman social media mu. Tag beberapa temanmu untuk menambah insight. Atau mintalah temanmu untuk merepost postingan tersebut sehingga jangkauannya menjadi semakin luas.

Selain melalui social media Anda juga bisa memasarkannya secara tradisional yaitu menawarkan kepada orang-orang terdekat. Tawarkanlah kepada saudara, tetangga maupun teman-teman. 

Mintalah review pada mereka dan menawarkan kepada orang-orang di sekitar mereka. Ini merupakan wujud pemasaran dari mulut ke mulut atau word of mouth. Anda juga bisa memberikan promo kepada mereka.

Trik Agar Bisnis Kue Kering Saat Ramadhan Lebih Berkembang

Beberapa trik agar bisnis kue kering saat ramadhan dapat berkembang dan mendapatkan keuntungan yang banyak yaitu:

Terus Lakukan Inovasi Produk

Inovasi produk baru perlu di lakukan agar terdapat variasi dan tidak menimbulkan kebosanan bagi konsumen. Ide bisa muncul dari mana saja. Semakin unik semakin baik, karena bisa menonjolkan kekhasan produk Anda.

Anda boleh melakukan inovasi rasa melalui variasi bahan baku baru yang Anda gunakan. Bisa juga manfaatkan komoditas lokal daerah Anda agar menjadi produk olahan baru sehingga nilai jualnya naik. 

Misalnya jika di daerah Anda banyak hasil komoditas kopi, Anda bisa gunakan sebagai cita rasa dari kue kering yang Anda jual. Jadi produk Anda akan unik dan khas sebagai bisnis kue kering saat ramadhan bercita rasa kopi lokal.

Baca:  Ketahuilah, Berbagai Pengertian Bisnis dari Para Ahli Berikut!

Kembangkan Packaging yang Simple

Packaging yang sederhana dan menarik akan membuat kue kering tampak praktis dan fleksibel untuk daily ataupun kita jadikan sebagai hadiah. Adanya kemasan mini dapat membuat harga juga bisa menyesuaikan agar tidak terlalu mahal.

Perhatikan Tren Terkini di Pasaran

Kehadiran tren yang sedang booming di masa kini sangat penting. Karena ini berpengaruh terhadap target market. Anda juga harus memperhatikan kue kering apa yang sedang disukai oleh masyarakat.  

Kekurangan kue kering adalah kerap kali mendapat anggapan sebagai kue di saat lebaran atau hari-hari besar saja. Padahal di hari-hari biasa pun kita tetap bisa menikmati kelezatan kue kering.

Setelah mengetahui apa yang disukai oleh pasar, Anda tinggal membuat inovasi atau hal yang membuat produk Anda berbeda. Bisa berupa promosi maupun harga yang bersaing.

Brand Name Bisnis Kue Kering Saat Ramadhan yang Unik dan Menarik

Brand name kini menjadi strategi tersendiri untuk memikat hati pembeli. Anda bisa membuat nama brand kue kering Anda dengan kata-kata atau istilah gaul yang sedang nge-tren. Sehingga target pasar menjadi lebih luar, dapat mencakup kaum muda juga.

Misalnya, kita tahu nama-nama brand seperti Kopi Kenangan, Menanteau, Kepake, Awkenyang. Brand-brand tersebut terkesan gaul dan kekinian serta unik dan menarik sehingga menarik perhatian konsumen.

Usaha apapun itu, termasuk bisnis kue kering saat ramadhan perlu tips dan trik juga. Kita perlu terus berusaha melakukan beberapa inovasi serta riset pasar agar dapat mengikuti demand yang ada.