Bisnis Minuman Herbal Berkhasiat yang Bisa Anda Coba!

Bisnis Minuman Herbal Berkhasiat yang Bisa Anda Coba!

Bisnis minuman herbal bisa jadi pilihan tepat untuk mengumpulkan uang setiap harinya. Kerennya lagi, bisnis ini sifatnya bukan musiman

Bisnis minuman herbal masih memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat. Peluang ini bisa Anda jadikan sebuah peluang menggiurkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Apalagi di masa pandemi Covid-19, minuman herbal menjadi kebutuhan banyak orang.

Sebab minuman ini memiliki kandungan yang baik dan menyehatkan tubuh. Serta mampu mendukung kebugaran selama beraktivitas. Minuman herbal sejatinya warisan nenek moyang kita sejak puluhan bahkan ratusan tahun lamanya.

Ide bisnis ini bisa memberikan kesempatan menjadi sukses, karena memang peminatnya akan terus ada sepanjang waktu. Berbicara terkait ide bisnis minuman herbal, ada beberapa urutan minuman herbal yang paling dicari.

Daftar urutan ini bisa Anda jadikan pilihan untuk memulai bisnis nantinya. Langsung saja kita simak urutan minuman herbal tersebut. 

Jenis Bisnis Minuman Herbal yang Memberi Banyak Keuntungan

Bisnis minuman herbal bisa jadi pilihan tepat untuk mengumpulkan uang setiap harinya. Kerennya lagi, bisnis ini sifatnya bukan musiman. Dalam arti lain, sekali memulai bisnis ini tetap bisa Anda jadikan sebagai bisnis utama maupun sampingan. 

Sejak dahulu kita tahu bahwa minuman herbal adalah warisan leluhur yang patut dilestarikan. Minuman herbal di Indonesia sendiri lebih akrab dengan sebutan jamu. Jamu terbukti sehat dan baik bagi tubuh.

Karena bahan utamanya adalah tanaman-tanaman herbal yang berkhasiat. Selama ramadhan, minuman ini dibutuhkan masyarakat untuk menjaga stamina selama berpuasa. 

Ada sejumlah minuman herbal yang bisa Anda jadikan bisnis menguntungkan. Berikut adalah daftar lengkapnya. 

1. Madu Alami

Sudah bukan rahasia bagaimana madu memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Pertama sekali ada madu. Sudah bukan rahasia bagaimana madu memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Madu merupakan salah satu herbal yang Allah sebutkan keberadaannya dalam al-Quran.

Baca:  Contoh dan Tips Menjalankan Bisnis Online yang Menguntungkan

Herbal ini berasal dari lebah, dan khasiatnya banyak sekali. Sekarang ini, ada banyak sekali jenis madu yang beredar di pasaran. Sayangnya, tidak semua madu tersebut asli. Terkadang, ada penjual yang usil menjual madu buatan.

Supaya menjadi pelaku bisnis minuman herbal yang sukses, pastikan Anda memperhatikan kualitas madu yang dijual. Kualitas produk yang terjamin akan membangun rasa percaya pelanggan. 

2. Angkringan Wedangan

Selain madu, Anda bisa menjajal membuka angkringan wedangan. Seringnya angkringan berisi sajian minuman jahe. Seperti wedang jahe atau jahe susu. Namun, konsep angkringan bisa kita inovasikan menjadi sesuatu yang lebih menarik.

Misalkan saja menyediakan hidangan-hidangan yang terbuat dari rempah-rempah dan bahan-bahan herbal. Inovasi seperti ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Supaya lebih menarik, Anda bisa mengemasnya dengan gaya anak muda.

Memilih dan mendesain angkringan menjadi tempat nongki yang asik. Serta menyajikan menu dengan sentuhan kekinian. Kalau sudah begini, target pasar Anda bukan lagi orang tua, tetapi menyasar kepada anak-anak muda. 

Bila perlu, Anda melakukan promosi melalui media sosial. Gebrakan baru dalam bisnis herbal atau jamu, terkadang memang perlu. Karena hal ini dapat memberikan edukasi kepada generasi muda terkait pentingnya melestarikan warisan budaya leluhur kita.

3. Minuman Herbal Kemasan

Kalau tidak punya modal besar untuk membuka angkringan, bisnis minuman herbal juga bisa Anda laksanakan dari rumah saja. Ini akan menjadi ide bisnis rumahan yang menarik selama bulan ramadhan.

Anda bisa menjual minuman herbal kemasan. Supaya pelanggan tertarik untuk membeli, lakukan promosi menggunakan media sosial, dan sediakan layanan antar alamat. Selain itu, packaging atau kemasan juga perlu Anda perhatikan dengan seksama.

Sudah menjadi aturan tak tertulis, bahwa manusia menilai sesuatu berdasarkan tampilan luarnya terlebih dahulu. Desainlah kemasan Anda dengan menarik. Supaya siapa saja yang melihatnya langsung jatuh cinta dan tertarik untuk membeli.

Baca:  Peluang Usaha Ternak Lovebird Menggiurkan, Ternyata Tidak Sulit Lho!

Beberapa minuman herbal kemasan yang bisa Anda jadikan bisnis adalah kunir asem. Biasanya, hidangan jamu ini kita dapatkan dari tukang jamu gendong. Pembelinya terbatas, dan daya tahannya tidak lama.

Berikan sentuhan inovasi pada hidangan kunir asem. Misalkan upgrade packagingnya dalam bentuk botol, berikan label. Dengan begini daya tahannya menjadi jauh lebih lama, dan bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

4. Minuman Herbal Lemon

Selain minuman jahe dan kunir asem, minuman dari buah lemon juga kaya akan khasiat . Lemon punya kandungan vitamin C. Vitamin C kita butuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kebal dari penyakit.

Setiap hari, mengkonsumsi vitamin C dengan rutin adalah salah satu upaya untuk menjaga tubuh tetap bugar. 

Makanya, lemon memiliki pasar sendiri di bulan-bulan khusus seperti ramadhan. Peminatnya banyak sekali, sehingga cocok Anda jadikan ide bisnis minuman herbal.

Salah satu minuman herbal terbuat dari lemon adalah teh. Anda bisa mengolah lemon menjadi teh dan menjualnya kepada konsumen. Teh lemon dipercaya memiliki khasiat sebagai antibodi yang baik. Sehingga cocok untuk konsumsi selama ramadhan.

5. Chamomile

Chamomile adalah salah satu herbal yang kaya akan khasiat. Herbal ini biasanya dijadikan teh

Ada pernah mengkonsumsi herbal satu ini? Chamomile adalah salah satu herbal yang kaya akan khasiat. Herbal ini biasanya dijadikan teh. Terbuat dari bunga chamomile yang sudah dikeringkan sebelumnya.

Selain menyehatkan, teh bunga chamomile memiliki aroma yang menenangkan. Sehingga cocok sebagai sajian untuk berbuka puasa. Beberapa manfaat teh chamomile adalah meredakan nyeri akibat asam urat dan juga sebagai anti bakteri bagi tubuh.

6. Daun Peppermint

Herbal selanjutnya yang cocok sebagai ide bisnis minuman herbal adalah daun peppermint. Sama seperti bunga chamomile, herbal satu ini juga paling cocok untuk teh. Peppermint salah satu jamu yang disukai oleh anak muda.

Baca:  Memanfaatkan Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita Cerdas

Ada banyak khasiat daun peppermint. Salah satunya adalah sensasi hangat sekaligus mendinginkan tubuh. Selain itu, daun ini bebas kandungan kafein. 

Sehingga sangat bagus untuk mereka yang sedang berpuasa karena konsumsinya tidak memberikan dampak terjaga malam hari.

Tak cuma itu, teh peppermint juga bagus sebagai penyegar nafas bagi orang yang sedang berpuasa. Anda bisa mengkonsumsinya pada jam sahur sehingga nafas tetap segar pada siang harinya. 

7. Serai

serai juga tergolong tanaman herbal yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh selama beraktivitas

Selain daun peppermint, ada herbal lain yang punya peluang besar untuk bisnis. Herbal ini adalah serai. Biasanya, kita menggunakan serai sebagai bumbu dapur. Ada banyak olahan masakan yang lebih sedap jika menggunakan serai.

Namun siapa sangka, serai juga tergolong tanaman herbal yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh selama beraktivitas. Pada tanaman serai, ada kandungan senyawa anti peradangan asam klorogenik. 

Terdapat pula dua senyawa utama sebagai anti peradangan, yakni citral dan geranial. Anda bisa menjajakan air rebusan serai yang sudah dicampurkan dengan herbal lainnya sebagai hidangan jamu yang menyehatkan.

Secara khusus, air rebusan serai memiliki fungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Konsumsi rutin akan membantu melancarkan proses metabolisme. Tentunya ini sangat bermanfaat selama bulan ramadhan. 

Itulah tadi 7 daftar minuman herbal yang cocok Anda jadikan bisnis. Masing-masing herbal tadi punya peminat dan pasarnya tersendiri. Tergantung bagaimana Anda mengelolanya. 

Karena pada dasarnya, bisnis itu selalu erat dengan membaca peluang pasar. Hal yang sama juga berlaku untuk bisnis minuman herbal.