Tips Lengkap Jual Baju Online Supaya Makin Laris

Tips Lengkap Jual Baju Online Supaya Makin Laris

Jual baju online

Jual baju online dimulai dengan mempelajari dan menemukan beberapa prinsip dasar berjualan online. Pada dasarnya Anda sedang memulai bisnis kecil yang dimulai dari dasar.

Bahkan jika itu adalah hobi atau jika Anda hanya ingin membuang beberapa pakaian yang sudah tidak terpakai, perlakukan itu seolah-olah Anda memulai bisnis e-commerce dan berencana untuk berinvestasi dalam kesuksesannya. Investasi ini akan datang dalam bentuk waktu atau uang, dan biasanya kombinasi keduanya.

Perhatikan Tips Ini Sebelum Jual Baju Online

Baik itu hobi atau Anda berpikir untuk memulai toko baju bermerek, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dan kerjakan. Mari kita tinjau beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar sukses. 

1. Sebuah Gambar Bernilai Seribu Kata

Foto adalah langkah pertama dan terpenting untuk menjual pakaian secara online.

Foto adalah langkah pertama dan terpenting untuk menjual pakaian secara online. Anda dapat menulis deskripsi terbaik yang pernah ada, tetapi jika Anda gagal mengambil foto berkualitas tinggi, orang tidak akan mengklik tombol beli. Daya tarik visual adalah hal yang paling penting.

Jangan memajang gambar gaun menggantung dengan canggung tanpa estetika. Setrikalah, pilih latar belakang yang bagus, tunggu cahaya yang bagus atau gunakan cahaya buatan.

2. Gunakan Model untuk Foto Katalog 

Melihat pakaian pada model membantu pembeli membuat keputusan yang lebih baik tentang apakah mereka ingin membeli pakaian atau tidak. Misalnya, Anda membuat model pakaian pesta, akan lebih terlihat menarik jika digunakan oleh model sebagai foto katalog.

Baca:  Bisnis Minuman Herbal Berkhasiat yang Bisa Anda Coba!

Jika Anda masih belum memiliki budget untuk membayar model, Anda bisa meminta tolong saudara atau kakak untuk menjadi model pakaian dewasa. Untuk pakaian anak-anak bisa meminta adik atau keponakan sebagai model. Jadilah inventif, jadilah kreatif!

3. Tulis Deskripsi dengan Jelas

Jelaskan pakaian sedetail mungkin. Jangan lupa sertakan ukuran, warna, jenis kain, harga dan kondisinya.

Jelaskan pakaian sedetail mungkin. Jangan lupa sertakan ukuran, warna, jenis kain, harga dan kondisinya.

Cobalah untuk memasukkan beberapa kata kunci juga agar mesin pencari mengindeksnya dengan benar. Cukup gunakan kata-kata yang mungkin Anda cari saat mencari pakaian tertentu.

4. Tentukan Merek Pakaian yang Anda Jual

Orang tidak akan membeli sampai mereka mempercayai brand milik Anda, sehingga branding selalu menjadi langkah pertama. Temukan cara untuk membedakan produk dengan yang lain.

Semua bisnis memiliki fokus khusus dan mereka membangun seluruh model mereka di sekitar fokus ini. Misalnya, Amazon dimulai sebagai toko buku online. Bahkan sekarang, Anda masih dapat melihat bahwa buku adalah bagian inti dari kehadiran mereka.

Maksudnya di sini adalah Anda perlu memutuskan fokus toko online dan melakukan riset untuk melihat apakah dapat berhasil di fokus ini. Misalnya, store Anda fokus jual baju online dengan jual baju wanita atau jual baju pria saja. 

Namun, ini tetap perlu dilakukan sesuai riset. Karena misalnya jika Anda menyukai bikini, itu tidak berarti bahwa ada permintaan untuk produk itu dan merek akan lepas tangan.

Fokus pada area yang lebih kecil ini, seperti misalnya hanya 3 desain dan gaya inti. Setelah memutuskan fokus ini, Anda harus bersedia berkomitmen untuk itu. Anda tidak bisa terus-menerus mengubah fokus.

Setelah niche ditata, Anda dapat mulai membuat branding. Lakukan riset dan temukan target pasar. Sekali lagi, Anda akan membangun segalanya sehingga ini adalah keputusan penting yang tidak boleh dianggap enteng.

Misalnya saya akan mencoba menjual beberapa pakaian bekas secara online terlebih dahulu dan menguji pasar. Kemudian mengembangkan hal-hal untuk memproduksi.

Baca:  Bisnis Kue Kering Saat Ramadhan: Tips dan Trik

5. Gunakan Situs Web Terbaik sesuai dengan Tujuan Bisnis

Menjual pakaian secara online memberi akses ke jutaan pelanggan potensial yang tidak dapat akses secara offline di wilayah Anda.

Menjual pakaian secara online memberi  akses ke jutaan pelanggan potensial yang tidak dapat akses secara offline di wilayah Anda.

Menjual secara online baik pakaian baru atau bekas di situs web pihak ketiga tidak akan memiliki biaya overhead. Biaya biasanya berasal dari pemasaran dan biaya penjualan. Proses membuka platform jual baju online Anda sendiri gratis.

Menemukan situs web terbaik untuk menjual pakaian tergantung pada tujuan bisnis secara keseluruhan. Apakah Anda ingin menjadikan bisnis jual baju online sebagai usaha jangka panjang atau Anda hanya ingin membersihkan lemari? 

Jika Anda menginginkan keberlanjutan, maka Anda perlu mendirikan toko. Ada begitu banyak pilihan penjualan yang didorong oleh e-commerce saat ini. 

6. Pentingnya Melakukan Promosi

Hanya karena Anda telah jual baju online murah dan bagus, bukan berarti pakaian tersebut akan otomatis terjual. Anda tetap harus mempromosikannya.

Jika Anda berencana untuk menjual banyak pakaian secara online, buatlah promosi seputar brand. Bahkan jika Anda hanya memiliki beberapa pakaian sisa yang ingin Anda singkirkan dari gudang, meluangkan waktu untuk mempromosikannya akan menghasilkan lebih banyak uang.

Persiapan dalam Memulai Toko Online

Jika Anda ingin mencoba memulai toko, Anda juga perlu memikirkan hal berikut:

  • Ketahui Tren Mode Terkini

Pelajari istilah yang sedang trend untuk menggambarkan pakaian yang sedang disukai masa kini dengan mengunjungi situs mode terkemuka dan membaca deskripsi mereka.

Anda juga dapat bergabung dengan grup Facebook jual baju online dan tempat media sosial lainnya untuk berbicara dengan orang lain. Kuncinya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang apa yang orang cari. 

  • Periksa Item Pakaian alias Inventaris

 

Pantau ketersediaan pakaian di toko online Anda, terutama barang-barang yang terjual dengan cepat. Supaya tidak sampai kehabisan persediaan dan membatalkan pesanan konsumen.

Baca:  Ide Pemasaran Bisnis Cake Anda agar Laris

Pastikan Anda membuat stok yang cukup untuk penjualan atau hasilkan lebih banyak item untuk restock. 

Jika Anda ingin menjual baju dengan stok tidak banyak, maka Anda bisa menambahkan keterangan dalam deskripsi bahwa item ini “limited edition”. Hal ini juga menciptakan citra bahwa item ini eksklusif.

  • Tetapkan Harga Wajar & Tawarkan Diskon

Bandingkan produk lain yang serupa dengan Anda jual. Apa yang mereka jual? Kemudian pikirkan penawaran realistis mengenai harga dan diskon pada produk jual baju online

Tentu saja, Anda perlu menjual pakaian dengan untung, tetapi memberi harga tinggi akan memungkinkan tidak ada yang membeli.

Tawarkan diskon kepada pembeli seperti BOGO yang membeli satu set barang. Jangan menganggapnya seperti kehilangan keuntungan, anggap saja sebagai menjual lebih banyak barang.

Cek item yang laris dan yang tidak secara berkala seperti 3 atau 6 bulan sekali. Apakah barang yang tidak laku perlu diturunkan harganya? Luangkan sedikit waktu untuk memikirkan hal-hal ini untuk memperbaiki penjualan.

Toko e-commerce juga cepat dan mudah diatur, meskipun sedikit lebih rumit untuk dimulai pada awalnya. Namun, ketika Anda memulai, Anda akan terbiasa dan memahami sehingga proses yang relatif mudah.

Jika Anda memiliki toko jual baju online baru, beri diskon opening store yang menarik atau penawaran BOGO (buy one get one free) sebagai imbalan atas ulasan baik konsumen, hal ini merupakan langkah yang bagus untuk diaplikasikan.