7 Tips Sukses Jualan Kurma di Bulan Ramadhan

Jualan Kurma

Jualan kurma di bulan Ramadhan menjadi peluang bisnis yang sangat bagus. Buah ini menjadi buah yang populer, khususnya jika memasuki bulan puasa. Sudah seperti santapan buah yang wajib tersedia.

Momentum ini tentunya tidak boleh kita sia-sia kan begitu saja untuk strategi jualan kurma. Sebagai pebisnis kita harus mampu menangkap peluang bisnis ini dengan baik.

Walaupun sebenarnya buah kurma bisa kita jual juga di luar bulan ramadhan dan peminatnya tetap lumayan. Karena kandungan khasiat yang terdapat pada buah kurma yang kaya.

Khasiat yang Terkandung Pada Buah Kurma

Mengkonsumsi buah kurma sangat baik bagi kesehatan. Ada begitu banyak khasiat yang dimiliki oleh buah dari timur tengah ini. Apa sajakah khasiatnya bagi kesehatan kita? Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Sebagai makanan pencuci perut atau (Konstipasi)
  • Menyembuhkan gangguan kesehatan pada usus
  • Menjaga kekuatan serta kesehatan tulang dengan kandungan mineral di kurma
  • Mengurangi efek alergi dengan kandungan sulfur organiknya
  • Suplemen bagi penderita anemia
  • Sumber penambah energy, berasal dari kandungan gula pada kurma yang cukup tinggi seperti sukrosa, glukosa dan fruktosa.
  • Makanan untuk meningkatkan berat badan, dalam 1 kg kurma kurang lebih mengandung 3000 kkal. Maka mengkonsumsi kurma secara wajar setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan kalori tubuh.
  • Membantu menjaga kesehatan jantung. Kurma seringkali dijadikan obat herbal untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Sebagai pengobatan alternatif untuk rabun senja.
  • Membantu meringankan diare dengan kandungan potasiumnya. Serta masih banyak lainnya manfaat dari buah kurma.
Baca:  Tips Jadi Reseller Baju Lebaran Agar Produk Laris Manis

Tips Sukses Jualan Kurma 

Jika anda berencana untuk mulai menjalankan bisnis berjualan buah kurma beserta produk lainnya yang masih berkaitan dengan kurma, berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu anda memberi gambaran apa saja yang perlu anda lakukan untuk memulai bisnis ini.

1. Dapatkan Produk Terbaik dan Harga Terbaik dari Distributor Terbaik

Jualan kurma di bulan Ramadhan menjadi peluang bisnis yang sangat bagus. Buah ini menjadi buah yang populer,

Dalam menjalankan bisnis apapun, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari tempat mendapatkan bahan baku utama dari produk yang akan di jual.

Pada bisnis ini adalah jualan kurma maka kita harus mencari tau dengan melakukan survey dimanakah tempat distributor terbaik untuk mendapatkan produk kurma dalam jumlah besar dengan produk dan harga yang terbaik.

Pencarian distributor kurma ini perlu anda lakukan agar dapat mengetahui secara langsung bagaimana kualitas produk yang nantinya akan anda jual dengan mencoba sampel yang disediakan. 

Selain itu alangkah lebih baik dan lebih direkomendasikan untuk mendapatkan distributor dengan produk kurma yang beragam. Baik dari jenis buah kurma kering maupun segala jenis produk olahan kurma yang di produksi sendiri. Jadi semacam all in one.

2. Usahakan Produk yang Dijual Bervariasi

Setelah mendapatkan tempat distributor kurma yang terbaik, selanjutnya rencanakan pilihan buah kurma apa saja yang akan anda jual. Karena terdapat begitu banyak jenis buah kurma beserta produk olahan kurma lainnya.

Kemudian variasikanlah jumlah yang di jual seperti, kemasan besar dengan berat 2 kg atau 5 kg, kemasan sedang dengan berat 1 kg dan kemasan kecil dengan berat 500 gram. 

Perhatikan pula kemasan yang anda gunakan jualan kurma untuk membedakan setiap jenis kurma. Dengan bervariasinya jenis buah kurma beserta kemasannya, anda dapat menggaet pembeli mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas untuk produk premium.

Baca:  Inilah Beberapa Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Anda Lakukan

3. Pasang Harga Bersaing

Sebagai penjual, anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai harga buah kurma di pasaran. Harga juga di pengaruhi oleh faktor dimana distributor kurma yang anda peroleh. 

Jika anda memperoleh kurma dengan harga yang lebih murah dari pada pesaing, maka anda dapat memasang harga jual yang lebih rendah pula dari pesaing.

Harga yang lebih murah dan bersaing namun dengan kualitas yang sama bagusnya akan menarik konsumen untuk membeli kurma di anda.

4. Branding Produk

Me-branding produk yang anda jual menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan value merek produk anda. Teknik branding yang perlu anda lakukan yaitu memberi nama produk. Nama produk inilah yang nantinya menjadi brand utama produk dan menggambarkan bagaimana image-nya.

Usahakan memberi nama yang sekali dengar bisa ingat, manarik, sesuai dengan yang sedang happening saat ini namun tetap berkaitan dengan kata-kata promosi jualan kurma.

Dari sini nantinya akan terbentuk target pasar yang mempengaruhi bagaimana anda akan berpromosi nantinya. Selain itu juga bisa membangun brand awareness. Logo produk juga perlu diperhatikan karena masih bagian dari branding produk. 

5. Mengupayakan Memiliki Gerai Offline

Usahakan untuk memiliki gerai offline yang terletak di tempat strategis. Memiliki gerai offline dapat menunjang berkembangnya bisnis kurma anda karena lebih mudah

Usahakan untuk memiliki gerai offline yang terletak di tempat strategis. Memiliki gerai offline dapat menunjang berkembangnya bisnis kurma anda karena lebih mudah menjangkau konsumen terutama yang jaraknya dekat.

Karena dengan adanya gerai online maka akan mempermudah proses transaksi yang dilakukan. Pemilihan lokasi juga sangat penting. Usahakan terletak di tempat yang bisa kita jangkau dengan berbagai transportasi.

Gerai tidak perlu berupa bangunan toko milik sendiri jika memang masih belum mampu. Berupa gerai sederhana pun tidak apa-apa, namun terletak di tempat yang strategis. 

6. Memanfaatkan Online Marketing Secara Maksimal

Jika gerai offline lebih ke ‘menangkap lingkup yang terdekat’, maka online marketing ini bisa menjangkau lingkup yang lebih luas. Jadi target pasarnya pun meluas.

Baca:  Bingung Ingin Memulai Bisnis? Terapkan 8 Langkah Ini

Anda bisa menjual produk kurma di social media ataupun di platform e-commerce yang kini sudah bisa dengan mudah dijangkau oleh siapapun dan dimanapun. Ini juga menjadi cara promosi jualan kurma.

Usahakan produk yang anda jual secara online memiliki desain packaging yang aman dan buah kurma yang dijual memiliki masa simpan yang cukup lama seperti jenis kurma ajwa. Karena produk perlu melalui proses pengiriman yang memakan waktu untuk sampai pada pembeli.

7. Menerima Kritik dan Saran agar Kualitas Produk Semakin Meningkat

Kualitas produk merupakan hal terpenting dalam menjual produk pangan. Hal ini guna meningkatkan daya beli dan kepercayaan pada konsumen. 

Salah satu ciri bisnis yang sukses adalah memiliki loyal customer. Mereka setia berlangganan membeli produk kita karena konsistensi kualitas terjaga.

Sebagai pebisnis pemula yang baru menggeluti usaha jualan kurma, anda harus bisa membuka diri untuk menerima kritik dan saran dari konsumen. Lakukanlah percakapan interaktif pada pelanggan anda mengenai bagaimana produk kurma anda.

Dari masukan yang anda dapatkan tersebut, bisa dijadikan bahan evaluasi agar kedepannya bisa meningkatkan kualitas produk.

Bagaimana? Sudah ada gambaran untuk memulai bisnis jualan kurma di bulan ramadhan ini? Apapun rencana bisnis anda, tidak akan terwujud jika tidak direalisasikan. Jadi ayo berbisnis!