Beberapa Tipe Pencocokan Kata Kunci dan Strategi Bidding Berlapis dalam Google AdWords

Beberapa Tipe Pencocokan Kata Kunci dan Strategi Bidding Berlapis dalam Google AdWords

Memilih kata kunci dan menentukan jenis pencocokan adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai kampanye iklan Google AdWords. Menariknya, Google memberikan perlakukan berbeda pada setiap kata kunci dan tipe pencocokan.

10. Tipe Pencocokan Kata Kunci dan Strategi Bidding Berlapis dalam Google AdWords

Google AdWords bekerja dalam search engine dengan mekanisme sederhana. Ketika kata kunci yang diincar cocok dengan kata kunci pencarian, maka iklan akan ditayangkan. Yang dikatakan cocok, tidak mesti sama persis dengan kata-kata kunci dalam AdWords. Setidaknya ada 4 tipe pencocokan kata kunci yang dikenal dalam AdWords.

4 Tipe Pencocokan Kata Kunci dalam Google AdWords

  • Pencocokan Sama Persis

Pencocokan sama persis atau exact match memiliki tanda […] pada kata kunci. Contohnya, jika menggunakan kata kunci [toko material surabaya], maka iklan akan muncul ketika pencarian terhadap kata tersebut dilakukan. Iklan tidak akan muncul dalam pencarian lain, seperti toko material di surabaya atau toko material murah surabaya.

  • Pencocokan Frase

Pencocokan frase atau phrase match menggunakan tanda “…”. Contohnya, “toko olahraga bandung”, iklan akan muncul jika ada pencarian yang mengandung satu frase kata kunci. Misalnya, alamat toko olahraga bandung dan toko olahraga bandung terkenal. Namun, tidak muncul iklan ketika kata kunci tidak dimasukkan satu frase utuh, seperti toko alat olahraga bandung atau toko olahraga murah bandung.

  • Pencocokan Luas

Pencocokan luas atau broad match tidak menggunakan tanda apa pun. Iklan akan muncul ketika Google menganggap kata kunci cocok dengan pencarian. Penulisan kata kunci misalnya toko mainan jakarta. Karena cakupannya sangat luas, kata kunci pencarian yang cocok lebih banyak dari kedua tipe sebelumnya. Iklan akan muncul ketika ada pencarian kata kunci seperti penjual mainan jakarta, mainan import jakarta, dan toko mainan online jakarta. Meski terlihat menarik, tipe ini dapat memicu iklan muncul di luar target pasar, sehingga tidak efektif.

  • Broad Modified

Broad modified menjadi jalan tengah dari ketiga tipe sebelumnya. Penulisan kata kunci diselingi dengan tanda +, contohnya: +toko +bunga +yogyakarta. Ketika dilakukan pencarian yang mengandung semua bagian kata kunci, iklan akan muncul. Misalnya pencarian toko bunga yogyakarta online dan alamat toko bunga yogyakarta.

Baca:  Bukan Sekedar Tren, Inilah Alasan Kenapa Anda Wajib Pasang Iklan Online

Tipe Pencocokan Kata Kunci yang Paling Efektif untuk Iklan

Setiap tipe pencocokan kata kunci mempunyai kelebihan masing-masing. Semuanya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk tipe exact match digunakan ketika yakin dengan kata kunci yang relevan untuk bisnis Anda.

Sementara phrase match digunakan untuk mendukung tipe exact match. Broad match juga memiliki fungsi sendiri untuk menjaring kata kunci yang tersebar dan tidak terdeteksi tetapi menjual. Kata kunci harus selalu dievaluasi seiring berjalannya kampanye iklan. Hal yang harus Anda lakukan adalah menambah dan memperbanyak kata kunci exact match untuk mengembangkan iklan.

Strategi Bidding Berlapis Sesuai dengan Tipe Pencocokan Kata Kunci

Agar kampanye iklan berjalan dengan baik, Anda perlu menggunakan strategi bidding berlapis. Caranya dengan mengambil penawaran lebih tinggi untuk kata kunci dengan tingkat kecocokan yang lebih tinggi.

Contohnya:

[toko olahraga jakarta] = Rp4000 (penawaran tertinggi)

“toko olahraga jakarta”  = Rp3.500

+toko +olahraga = Rp3.000 (penawaran paling rendah)

Kasus ini terjadi karena kata kunci dengan exact match yang benar akan menghasilkan skor kualitas tinggi karena mempunyai tingkat relevansi antara kata kunci yang tinggi, iklan, dan landing page. Sementara kata kunci phrase match dan broad match memunculkan iklan pada pencarian yang belum tentu terpikirkan. Kedua tipe tersebut nantinya perlu diubah menjadi exact match setelah diriset terlebih dahulu.

Untuk menganalisis dan mendapatkan kata kunci yang menjual dan layak diubah menjadi exact match, dapat menggunakan Search Query Reports, sebuah fitur andalan AdWords.

Strategi bidding efektif digunakan ketika Anda ingin mendapatkan performa iklan terbaik. Hasil akhirnya tentu saja trafik tertarget yang berkualitas dan menekan pengeluaran untuk iklan AdWords.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Ada yang bisa kami bantu?