7 Pilihan Bisnis Makanan Online yang Menggiurkan

7 Pilihan Bisnis Makanan Online yang Menggiurkan

Sebagai usaha yang menjanjikan banyak keuntungan, bisnis makanan online seperti tidak ada matinya. Dengan sentuhan ide kreatif dan inovatif, banyak sekali para pemula yang ingin mencobanya. Agar bisnis bisa terus bertahan, maka jangan lupa untuk memperhatikan strategi pemasarannya juga.

Peluang Bisnis Makanan Online

Di era yang serba digital ini, bisnis online menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya, meskipun tidak memiliki sebuah toko, para pelaku bisnis tetap bisa memasarkan produknya hingga keluar daerah bahkan di berbagai kota lain.

Tidak melulu tentang pakaian, kosmetik ataupun yang lainnya, kini bisnis online merambah hingga pada dunia makanan, baik itu makanan kering ataupun makanan basah. Dengan demikian, masyarakat akan disuguhkan berbagai inovasi dari dunia kuliner ini.

Meskipun sebenarnya sekarang banyak sekali pesaing baru yang bermunculan, namun dengan berbagai kreatifitas dalam pengolahan dan pengemasan, bukan tidak mungkin produk ciptaan Anda menjadi viral. Sehingga memiliki ciri khas yang berbeda dengan produk lainnya.

Memulai Bisnis Kuliner Online

Meskipun peluangnya sangat terbuka lebar, namun bisnis kuliner online tidak bisa dilakukan jika tanpa persiapan dan perhitungan yang matang. Dibutuhkan inovasi dan strategi khusus agar bisnis tersebut tidak goyah atau bahkan berhenti di tengah jalan.

Sebelum memulainya, sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu olahan apa yang akan diperjual belikan. Untuk mengurangi ketatnya persaingan di luar sana, pikirkan ide unik dan menarik namun tetap menyesuaikan target pasar dan konsumennya.

Jika sudah, maka selanjutnya persiapkan modal dengan seksama. Dalam menjalankan bisnis, modal menjadi hal terpenting yang akan menentukan jalannya sebuah usaha. Dengan demikian, semua bahan, peralatan dan keperluan bisa tercukupi, sehingga produksi akan berjalan secara maksimal.

Berbagai Macam Bisnis Makanan Online

Semakin hari bisnis makanan online ini semakin berkembang dan banyak sekali inovasinya. Tidak jarang, di antaranya bahkan sempat viral dan banyak pelaku usaha lain menirunya. Beberapa contoh bisnis makanan online yang menjanjikan dan banyak dilirik oleh masyarakat yaitu:

1. Bisnis Olahan Sambal

bisnis-makanan-online-01
pexels.com

Siapa yang tidak menyukai sambal? Olahan satu ini menjadi makanan pendamping nasi yang paling digemari khususnya bagi masyarakat Indonesia. Melihat peluang ini, bisnis olahan sambal menjadi salah satu ide usaha kreatif dan sangat menjanjikan.

Olahan sambal juga sangat bermacam-macam, mulai dari sambal bawang, sambal terasi, sambal  cumi, sambal udang hingga samba jeroan pun juga ada. Bisa dibilang, semakin unik dan kreatifnya produksi sambal tersebut, akan membuat konsumen semakin ingin untuk mencoba dan membelinya.

2. Bisnis Kue Kering

bisnis-makanan-online-02
unsplash.com

Untuk pilihan kuliner yang awet dan tahan lama, bisnis olahan kue kering bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan utama. Selain lebih aman jika dikirim untuk perjalanan jauh, produk kue ini juga bisa diolah seunik mungkin sesuai dengan keinginan dan kreatifitas masing-masing.

Untuk momen-momen tertentu seperti hari raya dan juga natal, bisnis olahan kue ini sangat bisa diandalkan. Agar berbeda dengan yang lainnya, berikan kemasan unik agar produk tersebut terlihat lebih menarik. Sehingga pelanggan tidak akan ragu untuk membelinya.

3. Bisnis Makanan Instan

bisnis-makanan-online-03
pixabay.com

Semakin banyaknya kesibukan yang harus dilakukan, banyak orang lebih memilih makanan instan ketimbang makanan olahan (untuk membuatnya saja membutuhkan proses lama). Makanan cepat saji ini selain lebih praktis juga semakin luas dan melimpah pilihannya.

Contoh olahannya seperti seblak instan, baso aci, ramen, batagor kuah dan lain-lain. Dengan mengembangkan makanan tersebut menjadi produk instan, para konsumen dari luar kota pun menjadi lebih mudah untuk merasakannya.

4. Bisnis Makanan Khas Daerah

bisnis-makanan-online-04
cookpad.com

Makanan khas bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan yang bisa dikreasikan dan dijual secara online. Seperti namanya, makanan khas merupakan produk olahan yang bisa jadi hanya ada di tempat tertentu saja. Contohnya seperti pie susu khas bali, getuk khas jogja, pecel blitar dan lain sebagainya.

Dengan demikian menjualnya secara online akan menguntungkan semua pihaknya dan penjual akan untung. Ini karena, target konsumennya semakin luas, pembeli juga akan dimudahkan, sebab dengan memesannya dimanapun mereka berada, barang akan dikirim dan tinggal menunggunya saja.

Baca:  Manajemen Bisnis Menjadi Hal Terbaik untuk Bisnis

5. Bisnis Makanan Beku

bisnis-makanan-online-05
foodiesfeed.com

Makanan beku menjadi solusi praktis, terutama untuk masyarakat yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Contoh olahannya seperti sosis, bakso, nugget dan lain-lain Makanan jenis ini tidak hanya disukai oleh orang dewasa tetapi anak-anak pun juga sangat mengaguminya.

Untuk menjualnya secara online, frozen food ini harus selalu diperhatikan terkait daya tahannya. Meskipun demikian, banyak cara yang bisa dilakukan untuk pengiriman produk makanan ini. Agar lebih aman, segera simpan dilemari pendingin seketika setelah barang tiba.

6. Bisnis Makanan Ringan

bisnis-makanan-online-06
bakingbusiness.com

Bisnis makanan online ini sepertinya tidak akan pernah ada matinya, selain banyak orang yang hobi ngemil, makanan ringan seperti ini sangat cocok dijadikan sebagai teman nugas ataupun begadang. Bahkan akhir-akhir ini banyak makanan ringan yang sedang viral.

Contohnya seperti olahan keripik pedas, makaroni, pare, hingga cemilan berbahan jengkol pun juga ada. Hal yang menjadi kunci dari bisnis ini adalah, ide dalam pengolahan, penyajian dan juga pengemasannya. Sehingga produk Anda akan terlihat mencolok dari para pesaing sejenis.

7. Bisnis Makanan Sehat

bisnis-makanan-online-07
unsplash.com

Semakin sadarnya masyarakat akan kesehatan, produk olahan makanan sehat bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Namun demikian, untuk mengolahnya pastikan Anda mengetahui kriteria makanan sehat terlebih dahulu, agar pelanggan tidak merasa tertipu.

Contoh kuliner sehat yang bisa dijual secara online yaitu, pudding, olahan ubi, makanan kotakan catering dan lain-lain. Untuk pemasarannya, pikirkan tempat tujuannya dengan matang dan pastikan kualitas makanan tidak rusak ketika produk sampai ke tangan pelanggan. (Baca: Bisnis Online yang Menguntungkan).

Tips Pemasaran Bisnis Makanan Online

Tentunya dalam menjalankan bisnis makanan online diperlukan sebuah promosi agar masyarakat bisa lebih mengetahui. Tidak melulu yang berbiaya mahal, tetapi ada juga yang gratis. Sehingga Anda bisa menghemat biaya pengeluaran. Untuk itu, perlu ada tips yang lebih menarik, di antaranya:

1. Memanfaatkan Semua Sosial Media

Media sosial menjadi salah satu platform yang bisa digunakan untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Di sini, Anda bisa dengan leluasa mempromosikan produk dan berinteraksi langsung dengan customer. Oleh karenanya, hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Namun perlu diingat, jika media sosial digunakan untuk strategi pemasaran, maka Anda harus selalu berhati-hati menghadapi tingkah para pelanggan. Jangan terpancing emosi dan jawab semua pertanyaan dengan rendah hati. Jika ada customer mengeluh, maka jangan sungkan untuk meminta maaf.

2. Melalui Iklan Berbayar

Iklan berbayar dari media sosial juga bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan jumlah penjualan. Iklan ini biasanya dapat ditemukan di berbagai platform media sosial, misalnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan lain-lain.

Untuk membuatnya agar lebih menarik perhatian, maka pastikan untuk membuat iklan yang menjual. Caranya dengan memaparkan penjelasan mengenai produk makanan Anda, tentang kelebihannya apa dan juga beri alasan mengapa produk kuliner tersebut layak untuk dicoba.

3. Menggunakan Jasa Influencer

Salah satu cara agar bisnis makanan online Anda bisa dikenal oleh banyak orang, maka lakukan kerjasama dengan seorang influencer. Umumnya mereka merupakan seseorang yang memiliki ribuan atau bahkan jutaan followers di media sosial.

Sesuai dengan namanya, pengaruh merupakan kekuatan dari seorang influencer. Mereka bisa menjadi trend setter baik dalam skala kecil maupun besar. Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis kuliner yang menggandeng mereka untuk mempromosikan produk-produk tertentu.

4. Mengadakan Giveaway

Giveaway sepertinya menjadi salah satu trik pemasaran yang sangat populer saat ini. Metode tersebut sangat efektif digunakan untuk menjaring minat dan juga keinginan para pelanggan. Semangat kompetisi dengan iming-iming hadiah membuat konsumen berlomba untuk mengikutinya.

Selain itu, dengan mengadakan giveaway ini, secara tidak langsung Anda juga bisa dengan mudah menarik perhatian audiens sekaligus manfaat momennya.  Hingga pada akhirnya, mereka yang semula hanya melihat-lihat produknya menjadi berminat untuk membeli dan merasakannya.

Menggaet pelanggan pada bisnis makanan online ternyata tidak semudah yang dipikirkan. Namun demikian, jangan takut untuk mencoba karena dengan strategi pemasaran dengan benar dan didukung kualitas makanan menjanjikan. Sehingga, pelanggan akan lebih mudah tertarik serta membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *