Contoh dan Tips Menjalankan Bisnis Online yang Menguntungkan

Contoh dan Tips Menjalankan Bisnis Online yang Menguntungkan

Diera digital ini, usaha di bidang online menjadi salah satu yang paling diminati. Tidak melulu harus bermodal besar, nyatanya banyak sekali contoh bisnis online yang menguntungkan. Untuk lebih meningkatkan penjualannya, pastikan Anda mengetahui trik dan juga strateginya.

Kenapa Harus Mencoba Bisnis Online?

Banyak alasan yang mendasari kenapa banyak orang memilih untuk memulai bisnis online ini. Pertama yaitu, karena banyaknya pengguna internet diseluruh dunia, terlebih di Indonesia. Melihat peluang tersebut tentunya kesempatan mendapatkan keuntungan sangatlah terbuka lebar.

Dengan semakin banyaknya orang yang mampu mengakses internet, pasti akan memudahkan Anda untuk melakukan promosi di berbagai platform dan juga media. Sehingga, pangsa pasar juga akan semakin luas karena teknologi pendukung sangatlah memadai.

Selain itu, bisnis online sangatlah fleksibel dan mudah, dengan begitu Anda tidak perlu takut untuk memulai meskipun bukan seorang ahli.

Terlebih untuk menjalankan bisnis ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi dengan masalah cuaca, karena usaha online seperti ini akan tetap aman baik itu dalam keadaan panas maupun hujan.

Menghadapi Ketatnya  Persaingan Bisnis Online

Karena tingginya persaingan di bidang bisnis online ini, membuat orang harus berfikir untuk membuat suatu hal baru atau mengubah produk lama menjadi lebih menarik. Hal ini dilakukan guna memikat minat pelanggan yang mungkin saja akan merasa bosan dengan produk yang itu-itu saja.

Kemudian, perhatikan juga masalah visualnya, baik itu visual produk ataupun visual toko onlinenya agar pelanggan memiliki kesan pertama yang baik dan tidak ragu untuk berbelanja di sana. Selanjutnya, jangan lupa untuk menjalin hubungan baik dengan para konsumen.

Jika Anda tidak memiliki hubungan baik dengan konsumen, maka bukan tidak mungkin usaha Anda tidak akan kuat menghadapi persaingan di luar sana. Karena konsumen menjadi faktor penentu sukses atau tidak usaha Anda kedepannya. Maka dari itu, berikan perlakuan terbaik kepada mereka.

Beberapa Bisnis Online yang Menguntungkan

Seiring berkembangnya zaman, bisnis online menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang ingin meraup banyak keuntungan. Dengan memanfaatkan modal yang ada, berbagai macam usaha bisa mulai di coba. Di antara contoh bisnis online yang menguntungkan tersebut antara lain:

1. Bidang Fashion

bisnis-online-yang-menguntungkan-01
unsplash.com

Bisnis jual beli online saat ini memang semakin berkembang. Segala macam produk dapat dijual tidak terkecuali produk fashion seperti baju, kaos, celana, tas dan lain sebagainya. Meskipun banyak pesaing di luar sana, namun kebutuhan akan fashion masih selalu meningkat setiap harinya.

Hal ini menjadi sebuah peluang menguntungkan bagi pelaku usaha yang ingin memulai bisnisnya. Agar pelanggan tertarik untuk melihat produk Anda, jangan lupa untuk selalu mempromosikan dan juga sesuaikan harga dengan kualitasnya. Berikan yang terbaik agar konsumen tidak merasa kecewa.

2. Bidang Kuliner

bisnis-online-yang-menguntungkan-02
unsplash.com

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang pasti dibutuhkan oleh semua orang. Maka bisnis online yang menguntungkan di bidang makanan ini sangat menjanjikan sekali keuntungannya. Agar lebih maksimal, bidiklah target untuk semua usia baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Luasnya target bidikan pasar juga berpotensi pada persaingan yang semakin besar juga. Jadi jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis online di bidang kuliner ini, maka cobalah untuk menggaet sebanyak-banyaknya pasar dari setiap kalangan. Jika perlu tawarkan menu sehat bagi mereka yang sedang menjalankan diet.

3. Desain Grafis

bisnis-online-yang-menguntungkan-03
pexels.com

Bidang desain grafis saat ini juga menjadi salah satu lading bisnis yang sangat diminati. Hal ini dikarenakan, setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun mulai membutuhkan seorang desainer grafis untuk pembuatan logo ataupun merancang desain-desain bagi produknya.

Selain itu, menjadi desainer juga bisa dijadikan sebagai sebuah karir freelancer. Dengan menjadi freelancer Anda bisa bekerja dimana saja dan kapanpun tanpa harus terikat waktu. Selain itu, peluangnya juga banyak mulai dari desain logo, pakaian, website, iklan, kemasan dan lain-lain.

4. Bisnis Kosmetik dan Skincare

bisnis-online-yang-menguntungkan-04
pexels.com

Saat ini, hampir semua orang sudah mulai sadar pentingnya mempercantik diri baik menggunakan skincare ataupun make up. Dengan menjual produk kecantikan melalui online ini, Anda bisa meraup banyak keuntungan, terutama kaum hawa.

Baca:  Contoh Bisnis Plan yang Cocok untuk Era Millenial

Selain itu, Anda juga dapat menghemat pengeluaran karena sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk sewa tokonya. Meski begitu, Anda juga harus pintar dalam mengelola bisnis online yang menguntungkan ini, baik dalam segi pemilihan media penjualan ataupun marketplace yang digunakan.

5. Jasa Pembuatan Blog atau Website

bisnis-online-yang-menguntungkan-05
freepik.com

Untuk Anda yang memiliki kemampuan atau mengetahui dasar-dasar membuat website ataupun blog, maka jangan ragu untuk menawarkan jasanya. Bisnis di bidang jasa ini bisa dibilang cukup menguntungkan, sebab banyaknya konten kreator yang menyalurkan hobinya.

Agar calon pelanggan lebih percaya dan tanpa basa-basi untuk memilih jasa Anda, maka ada hal yang perlu diperhatikan yaitu, sebaiknya juga memiliki website sendiri dengan tampilan cukup meyakinkan, agar calon konsumen memiliki gambaran baik pada hasil akhirnya.

6. Trading forex

bisnis-online-yang-menguntungkan-06
freepik.com

Bisnis online yang menguntungkan satu ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang setidaknya mengetahui cara dan dasar-dasar pengelolaannya. Karena meskipun memiliki peluang keuntungan cukup besar, bisnis ini juga memiliki resiko mengerikan.

Namun sebagai pemula, jangan khawatir mengenai jumlah modal dalam bisnis ini. Dengan Rp.100.000,- saja, kini Anda bisa mencoba peruntungannya. Selain itu, sudah banyak broker mulai meminjamkan dana dan untuk pengembalian bisa melalui profit yang didapatkan nantinya. (Baca: Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil).

Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Untuk menarik minat para pelanggan, dibutuhkan trik dan strategi khusus agar mereka mengetahui jika produk Anda itu ada. Semakin banyak orang yang mengenalnya, maka semakin banyak pula kesempatan saat meningkatkan penjualan. Di antara trik dan strategi tersebut antara lain:

1. Gunakan Nama yang Unik

bisnis-online-yang-menguntungkan-08
freepik.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuka usaha online yaitu, tentukan dahulu apa nama tokonya. Nama yang bagus juga akan berpengaruh pada kesan pertama pelanggan mengenai bisnis online Anda. Gunakan nama sederhana agar orang bisa dengan mudah mengingatnya.

Selain itu, buatlah berbagai platform sosial media dengan nama tersebut. Jika perlu gunakan sebuah blog atau website sendiri, agar Anda bisa lebih leluasa mengatur tampilan dan cara pembayarannya. Atau jika ingin yang lebih mudah, memanfaatkan marketplace besar untuk menawarkan produknya.

2. Promosikan dengan Berbagai Cara

bisnis-online-yang-menguntungkan-07
pixabay.com

Mendirikan bisnis online, bukan berarti pelanggan dari berbagai kota bisa langsung melihat usaha Anda. Tanpa adanya sebuah promosi, bidang yang sangat menjanjikan sekalipun bisa tidak ada artinya. Agar target pasarnya luas, gunakan sosial media dari berbagai platform yang ada.

Baik itu, Facebook, Instagram ataupun Twitter. Dengan begini, konsumen juga akan dimudahkan jika suatu saat mereka mengalami kendala atau ingin menanyakan sesuatu mengenai produk yang mereka inginkan. Sungguh sangat efisien bukan?

3. Berikan Berbagai Penawaran Menarik

bisnis-online-yang-menguntungkan-09
freepik.com

Untuk lebih memikat minat para calon konsumennya, berikan berbagai penawaran yang menggiurkan. Contohnya yaitu, berikan embel-embel diskon, potongan harga, sale ataupun gratis ongkir pada setiap produknya. Jika sudah begini, siapa orang yang tidak tertarik jika melihatnya.

Agar tidak rugi, Anda harus pintar-pintar mengatur harga tawarannya. Meskipun diskon, pastikan juga memikirkan keuntungan supaya paling tidak nantinya akan tetap balik modal. Untuk tawaran gratis ongkir, sebaiknya ketahui dulu triknya sehingga kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

4. Perhatikan Kualitas Setiap Produknya

bisnis-online-yang-menguntungkan-10
freepik.com

Agar penjualan terus meningkat, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dari setiap produknya. Produk yang baik akan menghasilkan review yang baik pula, sehingga pelanggan akan lebih percaya dan tidak ragu lagi untuk membeli kedua kalinya.

Selain itu, melalui review ini calon pembeli lain juga bisa mendapatkan kesan baik terhadap toko online tersebut. Sehingga, mereka tidak perlu berpikir berkali-kali untuk membeli berbagai produknya. Berikan pelayanan ramah agar konsumen juga merasa nyaman ketika ingin memesannya.

Semua orang sepertinya ingin memulai dan mencoba bisnis online yang menguntungkan, selain karena lebih mudah, usaha seperti ini juga sangat fleksibel dari segi waktunya. Namun, bisnis seperti ini harus dilakukan dengan penuh ketekunan, karena di luar sana banyak pesaing yang siap menantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.