Peluang Bisnis Online Mudah dan Modal Ekonomis

Peluang Bisnis Online Mudah dan Modal Ekonomis

Apakah Anda seorang ibu rumah tangga atau Mahasiswa yang sedang kebingungan mencari pekerjaan?

Gunakan segala bentuk sosial media dan gadget Anda menjadi peluang bisnis online. Sekarang ini, tidak mustahil bagi siapa saja mampu mendapatkan penghasilan melimpah. Tekuni dan lakukan secara sungguh-sungguh, lalu nikmati hasilnya.

Beberapa Referensi Bisnis Online Mudah dengan Modal Ekonomis

Rasanya terdengar mustahil jika seorang pengusaha membuka sebuah bisnis yang dimulai tanpa modal berbentuk uang. Namun kenyataannya, hal tersebut bisa Anda buktikan melalui kanal media online. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Jasa Pembuatan Blog atau Website Lain

peluang-bisnis-online-01
unsplash.com

Apabila Anda mempunyai kegemaran dan skill mengelola website berupa blogger atau sejenisnya, maka manfaatkan hal tersebut. Promosikan keahlian itu di beberapa marketplace yang ada di berbagai sosial media. Jika dilihat dari feenya, pasti akan sangat fantastis.

2. Menjadi Seorang Selebgram

peluang-bisnis-online-02
unsplash.com

Pernahkah Anda mengakses Instagram?

Sudah selayaknya generasi +62 seperti sekarang ini mampu berkompetisi dan berlomba menghasilkan peluang bisnis online melalui akun sosial media, terutama Instagram. Apabila Anda memilikinya dan jumlah followers lebih dari 5.000 orang, buat konten atau hal menarik di dalamnya.

3. Jasa Endorsement

peluang-bisnis-online-03
freepik.com

Jasa endorsement di sini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik muda maupun tua. Cara kerjanya, Anda akan diminta oleh suatu pemilik produk untuk mempromosikan brandnya, kemudian sesuai kesepakatan kontrak fee diberi berdasarkan hasil pencapaian.

4. Iklan di Youtube

peluang-bisnis-online-04
unsplash.com

Kehadiran Youtube sebagai media kini telah banyak diminati berbagai kalangan. Hampir semua jawaban dari problematika hidup mampu diselesaikan. Menanggapi hal ini, tidak ada salahnya jika Anda mencoba bisnis online menggunakan media tersebut, yakni seperti membuat konten promosi lewat iklan.

5. Menjadi Reseller

peluang-bisnis-online-05
freepik.com

Saat ini peluang bisnis online bisa dengan mudah dijalankan tanpa harus bersusah payah menunggu hingga membereskan lapak. Salah satunya, seperti menjadi reseller dari barang atau produk tertentu. Anda hanya harus melakukan promosi, menerima transferan uang dan mengirim paket sesuai alamat pembeli.

6. Menjadi Pekerja Bebas (Freelancer)

peluang-bisnis-online-06
pexels.com

Siapa yang tidak mau bekerja tanpa tekanan dan ketetapan jam kerja? Kini, Anda bisa mendapatkan hal tersebut. Daftarkan diri pada website penyedia jasa pekerja bebas (freelancer). Namun, biasanya secara umum lebih diutamakan pada seseorang yang mampu menulis semacam naskah, artikel atau lainnya.

7. Jasa Translator Bahasa Asing

peluang-bisnis-online-07
freepik.com

Mengingat tidak semua orang bisa berbahasa Asing, biasanya beberapa perusahaan mencari penerjemah, guna mentranslate seputar informasi produk mereka. Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

8. Menjadi Admin di Media Sosial

peluang-bisnis-online-08
pexels.com

Tahukah Anda ternyata tidak semua pemilik akun online di media sosial bisa mengoperasikannya?

Atas fenomena tersebut, Anda bisa mulai menawarkan diri sebagai jasa untuk mengelola suatu akun media sosial. Biasanya, pelaku bisnis online semacam ini harus melalui tahap tes kejujuran, karena sangat rawan akan penipuan.

9.  Jual Hasil Foto Anda Melalui Media Sosial

peluang-bisnis-online-09
pixabay.com

Seni telah menjadi hal yang bahkan tak dapat ternilai harganya. Apabila Anda penggemar fotografi, tidak ada salahnya mencoba mempromosikan dan menjual hasil tersebut melalui media sosial seperti facebook, instagram, path dan lain sebagainya.

10. Menjadi Penyedia Layanan Jasa Desain Grafis

peluang-bisnis-online-10
unsplash.com

Hal satu ini kerap kali dilakukan oleh mahasiswa. Terutama bagi Anda yang memang benar-benar menguasai aplikasi seperti adobe photoshop, corel draw atau lebih mudah lagi paint 3D. Gunakan kemampuan tersebut untuk membuka jasa penyedia layanan desain grafis.

11. Jasa Pembuatan Website Online

peluang-bisnis-online-11
unsplash.com

Keberadaan link tentu dapat memudahkan perusahaan memasarkan produknya. Maka oleh karenanya, dibutuhkan suatu tampilan profesional, sehingga membuat lebih dipercaya khalayak. Jika Anda mempunyai kemampuan membuat website, segera tawarkan dan berikan testimoni.

12. Jasa Pembuatan Toko Online

peluang-bisnis-online-12
pixabay.com

Kebanyakan orang saat ini lebih memilih membeli suatu website atau akun sosial media guna dijadikan toko online. Untuk itu, Anda mulai sekarang bisa mencoba membuatnya dan sediakan fasilitas berupa real follower atau semacamnya. (Baca: Peluang Bisnis Rumahan).

Baca:  Contoh Bisnis Plan yang Cocok untuk Era Millenial

Beberapa Kelebihan Mendirikan Bisnis Online

Peluang Bisnis Online yang Anda manfaatkan dengan maksimal, tentu akan membuahkan sebuah hasil. Bahkan, tidak jarang seseorang meraup rejeki jutaan rupiah setiap bulannya. Berikut ini beberapa kelebihannya:

1. Buka Akun Gratis Tanpa Biaya Banyak

Salah satu kelebihan utama dari bisnis online ialah, Anda bisa membuat akun sendiri hanya dengan bermodalkan jaringan internet atau paket data. Mulai dari nol, seperti sering mengunjungi situs besar dan rajin menawarkan produk di marketplace.

2. Sederhana dan Nyaman

Dalam membangun sebuah usaha offline, tentu akan ada banyak pertimbangan seperti lokasi lapak, biaya listrik, biaya kulakan atau lain sebagainya. Namun berbeda dalam bisnis online, Anda juga bisa sesederhana mungkin mengelolanya, asalkan tetap nyaman dilakukan.

3. Lebih Mudah Mendapatkan Pelanggan Baru

kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari hasil membangun bisnis online, yakni kehadiran pelanggan baru. Hal ini dapat terjadi karena jangkauan dari kanal tersebut mampu merebak bahkan hingga keluar negeri. Maka jangan heran, apabila ada seorang customer jauh menghubungi.

4. Lebih Efisien dalam Perihal Waktu

Pemilik usaha online tidak perlu membuang waktu untuk sekedar duduk menunggu pelanggan datang, atau bahkan merasa bosan berada ditempat yang sama. Pasalnya, lapak Anda ada dimana-mana dan bisa diakses kapan saja. Sehingga lebih efisien dilakukan sembari mengerjakan tugas lain.

5. Transaksi Cepat dan Praktis

Pengusaha cerdas sudah melihat peluang bisnis online, pasti mengenal pembayaran melalui transfer atau Cash On Delivery (COD). Dimana, tentu tidak perlu repot menghitung kembalian. Anda tinggal duduk manis menunggu informasi dari customer bahwa uang telah masuk ke nomor rekening.

6. Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Kelebihan utama dari adanya bisnis online ialah, hampir semua orang boleh melakukannya. Anak-anak, remaja, atau bahkan dewasa. Serta tidak memandang profesi inti seperti pengangguran, Ibu Rumah Tangga, mahasiswa atau kuli bangunan.

7. Bisa Diakses Di Seluruh Dunia

Rumah Anda berada di pedesaan atau ujung gunung? Bukan menjadi alasan untuk tidak membangun bisnis online. Karena usaha ini lebih mengedepankan jaringan internet atau kuota data stabil, agar tetap bisa membangun komunikasi dan interaksi kepada seluruh pelanggan.

Beberapa Kekurangan Bisnis Online

Setiap pekerjaan yang hendak Anda putuskan, jangan lupa untuk mencari tahu tentang kekurangannya. Hal ini perlu dilakukan agar memaksimalkan niat dan mencegah berbagai hal buruk di belakang, sehingga siap menghadapinya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tidak Bisa Bekerja Tanpa Koneksi Internet

Saat terjadi buffering atau lag pada jaringan Anda, sudah bisa dipastikan aktivitas jualan online akan terhenti. Mengingat segala bisnis tersebut membutuhkan internet demi bisa mengakses atau berkomunikasi bersama pelanggan.

2. Rawan Penipuan

Kasus paling mengecam dalam sejarah bisnis online yakni penipuan. Baik itu dilakukan oleh customer atau pihak pelaku usaha. Hal inilah yang kemudian dapat menimbulkan kerugian bagi pebisnis lainnya, sehingga Anda harus benar-benar bisa menjaga amanah customer.

3. Tingkat Persaingan Yang Tinggi

Sebab bisnis online mudah dilakukan oleh siapa saja, maka persaingan tentu akan terjadi. Baik antar teman, tetangga atau bahkan saudara sendiri. Bahkan, tidak jarang menggunakan berbagai cara tidak sehat, seperti menjelek-jelekkan nama brand, menghack akun dan masih banyak lagi.

4. Biaya Pengiriman

Biasanya, beberapa barang yang dijual secara online relatif memiliki harga cukup murah, terlebih lagi jika Anda membeli dalam jumlah grosir atau partai. Akan tetapi, nominal biaya pengiriman cenderung lebih tinggi, terlebih lagi jika dikirim ke luar pulau terpencil seperti papua.

5. Rawan Hacker

Anda harus benar-benar mewaspadai dan melakukan sistem khusus untuk akun toko online yang sudah memiliki ratusan pelanggan. Pasalnya, saat ini begitu banyak bertebaran oknum licik yang mencuri website atau situs lapak demi keperluan pribadi.

6. Ekspedisi Pengiriman Rawan Overloads

Hal paling was-was yang akan Anda rasakan saat telah membuka lapak online dan melakukan pengiriman dalam jumlah banyak, adalah ketika ekspedisi mengalami overloads. Hal tersebut bisa terjadi di hari-hari perayaan, atau saat cuaca tidak stabil.

Kini Anda bisa memanfaatkan dan mulai menjalankan peluang bisnis online sendiri dengan mudah dan aman. Asalkan, tetap memperhatikan kelebihan serta kekurangannya, agar mampu menghadapi berbagai hal di luar dugaan. Jangan lupa melakukan beberapa strategi juga ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.