Memanfaatkan Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita Cerdas

Memanfaatkan Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita Cerdas

Menjadi seorang istri yang hanya berada di rumah selama 24 jam, terkadang memang menyisakan rasa jenuh tersendiri. Apalagi jika lilitan kebutuhan keluarga semakin melonjak. Sebagai cara cerdas, Anda seharusnya memanfaatkan adanya peluang bisnis rumahan.

Pentingnya Mulai Membangun dan Merintis Bisnis di rumah

Kebanyakan para istri cenderung mengandalkan dari pemberian suami, terutama dalam hal keuangan. Sehingga, tidak jarang beberapa kebutuhan rumah tangga harus tertunda bahkan terbengkalai. Anda tentu harus secepatnya keluar dari keadaan tersebut, agar kenyaman bisa terpenuhi.

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Ambil resiko paling sederhana, yakni tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Seperti memanfaatkan peralatan dapur atau skill memasak

Kiat-kiat tersebut sangat penting untuk Anda lakukan, guna memaksimalkan keadaan perekonomian di dalam keluarga. Tentu, sebagai seorang Istri tidak mau memberatkan suami perihal tuntutan keadaan. Sehingga, bisnis rumahan ini bisa menjadi solusi terbaik sembari memantau tumbuh kembang anak.

Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memutuskan Membangun Bisnis Rumahan

Bagian utama yang perlu Anda perhatikan saat akan memutuskan membangun peluang bisnis rumahan, beberapa di antaranya ada di bawah ini. Pahami secara seksama, agar tidak kaget atau rapuh ketika terjadi sesuatu hal di luar dugaan:

1. Bulatkan Tekad dan Niat Menjadi Seorang Pebisnis

Tekad dan niat pada dasarnya memang harus dijadikan point utama dalam melakukan apapun, bukan hanya bisnis saja. Keberadaannya sangat penting agar ketika Anda mulai bosan, selalu teringat akan tujuan utama bagaimana memulainya.

2. Pastikan Ada Satu Stand Kosong Untuk Membuka Lapak

Menjalankan bisnis rumahan tentu saja membutuhkan stand kosong. Ruang ini perlu disediakan agar konsumen atau pelanggan bisa mengenali usaha Anda dengan mudah. Tidak perlu besar, asalkan layak ditempati, misalnya teras atau halaman depan selama tetap menjaga kenyamanan tetangga.

3. Pastikan Produk Yang Dijual

Setelah itu, Anda juga harus memastikan produk atau hal apapun yang akan dijual. Jangan sampai ketika telah membuka stand dan mempromosikan, tetapi masih ragu dan bingung tentang barang dagangannya.

4. Tentukan Target Pasar

Jangan pernah lupa bermimpi sekalipun Anda hanya membuka sebuah usaha kecil-kecilan di rumah. Sediakan barang yang menjadi kebutuhan utama masyarakat luas dan berikan harga sesuai kondisi perekonomian sekitar serta seimbangkan dengan kualitas produk.

5. Tentukan Trik Marketing Anda

Bagian ini sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha apapun. Mengingat generasi 4.0 ini sudah mulai bertebaran beraneka ragam bisnis, sehingga Anda harus pandai memikat pelanggan. Caranya, hadirkan produk unik serta gunakan trik marketing seperti pengadaan giveaway, diskon dan lainnya.

Macam-Macam Bisnis Rumahan yang Mudah Diterapkan

Jika Anda telah mempersiapkan kelima hal di atas, namun masih kebingungan usaha apa yang akan segera dijalankan, berikut ini macam-macamnya:

1. Jual Paket Internet atau Pulsa

peluang-bisnis-rumahan-01
teleshop.co.id

Kehadiran smartphone saat ini tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Menanggapi fenomena tersebut, Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis rumahan berupa menjual pulsa atau paket data. Bekerja sama dengan salah satu galery terdekat adalah solusi terbaik.

2. Membuka Depot Air Isi Ulang

peluang-bisnis-rumahan-02
inviro.co.id

Bisnis rumahan satu ini sangat cocok sekali bagi Anda yang tinggal di kompleks perumahan atau lingkungan tersebut jauh dari toko kecil. Sebab, kebutuhan akan air minum mineral telah menjadi hal penting, sehingga terkadang orang cenderung memilih membeli isi ulang daripada merebus sendiri.

3. Menjual Gorengan

peluang-bisnis-rumahan-03
foodin.id

Bagi Anda yang tidak memiliki cukup dana untuk bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu, jangan terburu mengurungkan niat tersebut. Gunakan beberapa alat dapur serta skill membuat gorengan seperti tempe, tahu atau ketela goreng.

4. Membuka Layanan Pesanan Catering

peluang-bisnis-rumahan-04
freepik.com

Jangan sampai Anda para istri yang pandai memasak mensia-siakan skill tersebut. Jadikan hal itu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Buka layanan pesanan catering sebanyak mungkin. Gunakan akun sosial media sebagai jalan marketing jauh lebih luas.

5. Menjadi Dropshipper

peluang-bisnis-rumahan-05
freepik.com

Tidak memiliki modal apapun atau tidak mempunyai keahlian memasak?

Baca:  Bisnis Makanan Ringan Tidak Akan Pernah Padam

Alasan apapun tidak akan serta merta menjadikan hidup diguyur uang dari langit. Jika Anda enggan mengeluarkan modal dengan dalih takut rugi, maka salah satu solusinya adalah menjadi dropshipper. Hanya bermodal promosi di sosial media, maka pundi-pundi rupiah akan masuk ke dalam rekening.

6. Membuka Jasa Tambal Ban

peluang-bisnis-rumahan-06
freepik.com

Hal paling beruntung ialah jika Anda memiliki rumah di pinggir jalan raya. Segala bentuk usaha pasti akan membuahkan hasil. Salah satunya yakni membuka usaha tambal ban apabila situasi mendukung dan ada orang berminat dipekerjakan.

7. Menjual Snack Kemasan yang Unik

peluang-bisnis-rumahan-07
unsplash.com

Peluang bisnis rumahan mungkin telah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang, akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda coba menjualnya di rumah. Caranya, beli satu kemasan besar beberapa macam snack, lalu buat desain semenarik mungkin menggunakan brand pribadi, setelah itu jual. Mudah bukan?.

8. Menjahit atau Permak Pakaian

peluang-bisnis-rumahan-08
unsplash.com

Kebutuhan manusia akan sandang tidak dapat dipungkiri lagi. Anda bisa mulai membuat banner berukuran sederhana untuk dipasang di depan hunian, beritahu masyarakat bahwa apabila membutuhkan jasa jahit atau permak pakaian, bisa datang kerumah.

9. Membuka Jasa Les

peluang-bisnis-rumahan-09
pexels.com

Apabila Anda masih berstatus mahasiswa atau seorang guru, ada baiknya jika bisa lebih menyumbangkan ilmu soal pendidikan. Buka jasa les untuk anak-anak di sekitaran komplek, namun berikan layanan pembayaran seikhlasnya apabila terdapat keluarga tidak mampu.

10. Menjadi Seorang YouTuber

peluang-bisnis-rumahan-10
freepik.com

Internet seolah-olah telah menjadi jawaban atas kegalauan masyarakat di era milenial ini. Gunakan kesempatan tersebut dengan menjadi seorang YouTuber. Anda bisa membuat berbagai konten bermanfaat, seperti cara memasak sesuatu, DIY skincare atau lainnya.

11. Jasa Laundry Kiloan

peluang-bisnis-rumahan-11
pixabay.com

Usaha rumahan satu ini, sangat efektif diterapkan jika lingkungan tempat tinggal Anda berada di sekitar kos-kosan. Terlebih lagi bagi sekumpulan mahasiswa ataupun pekerja kantoran, jasa laundry kiloan pasti akan laris dan banjir pelanggan.

12. Penulis Lepas

peluang-bisnis-rumahan-12
unsplash.com

Bagi Anda yang menyukai dunia literasi, ada baiknya jika menjadikan hal tersebut menjadi lembaran rupiah. Bekerja sama dengan pengelola blog atau mendaftarkan diri menjadi penulis lepas, pasti akan lebih simple dan mudah dilaksanakan. Selain itu, tetap bisa menjaga anak-anak.

13. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

peluang-bisnis-rumahan-13
pexels.com

Apabila Anda pecinta hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, usaha yang sangat efektif dijalankan ialah membuka petshop. Pastikan memberikan kualitas dan diiringi harga relatif terjangkau, agar pelanggan semakin mempercayakan hal tersebut.

14. Membuka Warung Makan Sederhana

peluang-bisnis-rumahan-14
freepik.com

Di tengah kesibukan seorang wanita yang mengurus perihal rumah tangga, biasanya kegiatan memasak seringkali terbengkalai, sehingga lebih memilih membeli makanan. Anda juga bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuka warung sederhana.

15. Membuka Warung Kopi Free Wifi

peluang-bisnis-rumahan-15
pexels.com

Wilayah kampus tentu tidak bisa terlepas dari penatnya mahasiswa mengerjakan tugas, atau hanya sekedar berdiskusi. Maka kemudian, untuk mendukung hal tersebut, Anda dapat membuka warung kopi free wifi teruntuk mereka. (Baca: Bisnis Makanan Online).

Beberapa Strategi Untuk Memaksimalkan Bisnis Rumahan Anda

Semua peluang bisnis rumahan tentu tidak akan berjalan maksimal apabila tanpa diiringi suatu strategi. Gunakan beberapa hal di bawah ini, agar pelanggan semakin banyak berdatangan, baik dari dalam atau luar kota. Berikut diantaranya:

1. Membuat Brosur atau Selebaran

Jika bisnis rumahan Anda masih tergolong baru, maka salah satu strategi paling ampuh yakni membuat selebaran atau brosur berisikan promo. Bagikan kepada pengunjung pertama dan minta mereka membantu menyebar luaskannya.

2. Gunakan Sistem Mouth to Mouth

Sekalipun cara yang satu ini terbilang jadul, akan tetapi Anda tidak bisa serta merta meremehkannya. Sebab, kekuatan testimoni dari satu pelanggan sejatinya dapat mempengaruhi sepuluh orang untuk membeli produk tersebut.

3. Buat Kartu Nama Khusus Usaha Anda

Strategi dengan memanfaatkan keberadaan kartu nama ini, sangat efektif diterapkan bagi Anda yang membuka jasa jahit atau bahkan catering. Karena biasanya orang akan langsung meminta alamat rumah atau nomor telepon aktif, guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

4. Memanfaatkan Kanal Online

Pastikan gadget Anda bisa membantu memperluas wilayah bisnis rumahan yang sedang dijalankan. Caranya sangat mudah, yakni foto produk sertakan testimoni dan posting di berbagai grup sesuai target pasar.

5. Adakan Giveaway atau Promo di Hari Besar

Strategi yang satu ini pasti dijamin berhasil menarik perhatian pelanggan Anda. Berikan informasi seputar promo, misalnya beli 1 gratis 2, free makan dan minum bagi yang memiliki nama Juni atau lain sebagainya. Menarik bukan?

Kini Anda bisa memulai untuk memanfaatkan peluang bisnis rumahan yang mudah dan tidak memakan banyak modal. Pastikan juga menyesuaikan target pasar dan kebutuhan masyarakat serta jaga kualitas agar konsumen tetap datang ke lapak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.