Pengertian Iklan Google Ads dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pengertian Iklan Google Ads dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Iklan Google Ads ? Mungkin pertanyaan ini kerap kali muncul di benak Anda ketika mempelajari lebih jauh mengenai pemasaran secara online atau online marketing. Dalam dunia pemasaran online, Google Ads merupakan elemen yang sangat penting dan memiliki peran cukup besar dalam membantu perusahaan maupun brand untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dalam target pemasarannya.

iklan google ads

Pada dasarnya iklan Google Ads merupakan layanan yang disediakan oleh Google bagi para pengusaha untuk beriklan di platform-platform yang berada di bawah naungan Google. Sebagai perusahaan teknologi digital terbesar di dunia, beriklan melalui Google artinya Anda akan memiliki kesempatan untuk tampil di iklan halaman pencarian Google, di video-video Youtube, di aplikasi smartphone, dan juga di jutaan situs online yang dikunjungi ribuan pengguna internet setiap harinya.

Cara kerja Google Ads

Cara pasang iklan di Google Ads agak rumit karena tidak sesederhana Anda meminta Google untuk memasang iklan di halaman Google kemudian membayar sesuai dengan tariff iklannya. Google akan menayangkan iklan bagi pengiklan yang “menang” lelang. Sistem pelelangan akan aktif setiap kali pengguna internet mengetikkan kata kunci tertentu pada halaman pencarian Google. Untuk bisa menang lelang, faktor jumlah uang yang rela dibayarkan dan juga kualitas skor dari iklan Anda sangat menentukan. Berikut adalah faktor yang memengaruhi kualitas skor sebagai bagian dari cara menggunakan Google Ads:

  1. Relevansi dari iklan Anda dengan pertanyaan pencarian

  2. Relevansi kata kunci dibandingkan dengan kategori iklan

  3. Relevansi dari iklan dengan landing page

  4. Faktor histori dari CTR iklan Anda dibandingkan dengan kategori iklan

  5. Performa akun secara keseluruhan

Iklan Google Ads dengan skor kualitas yang tinggi juga  memiliki keuntungan untuk mendapatkan eksposur yang lebih tinggi dengan biaya iklan yang lebih rendah. Bagaimana caranya bisa mendapatkan kualitas skor yang tinggi untuk iklan perusahaan/produk Anda? Perusahaan jasa Google Ads bisa membantu Anda.

Berapa biayanya iklan Google Ads

Berapa biaya Google Ads tentunya adalah hal yang ingin Anda ketahui dengan jelas. Sayangnya karena menggunakan sistem lelang, tidak ada yang bisa menjawab dengan pasti berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah iklan Google, karena tergantung.  Tergantung dengan seberapa kompetitifnya kata kunci yang menjadi target, tergantung dengan lokasi perusahaan Anda (Amerika Serikat punya biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya), kualitas dari iklan kampanye Anda, dan berbagai macam faktor lainnya. Selain itu, biaya Google Ads juga ditentukan oleh faktor – faktor di bawah ini:

  1. Kualitas kampanye iklan di mana makin tinggi kualitasnya maka makin rendah biaya PPC (pay per click) dan makin diprioritaskan tempat iklannya

  2. Pengaturan budgeting berdasarkan penargetan lokasi audiens, menargetkan pada perangkat tertentu, dan jadwal penayangan

  3. Contoh Google Ads yang harganya lebih mahal dibanding yang lain adalah iklan yang berhubungan dengan hidup manusia seperti misalnya produk hukum  (pengacara, konsultasi hukum, notaris, dan sebagainya) dan produk asuransi.

  4. Perusahaan retail besar bisa menghabiskan biaya Google Ads hingga 50 juta Dollar AS per tahun, sedangkan untuk perusahaan menengah memiliki rata-rata 100.000 Dollar AS.

Tipe iklan Google Ads mana yang paling tepat untuk Anda?

Kegunaan Google Ads adalah untuk meningkatkan visibilitas pada bisnis Anda. Membuat makin banyak orang untuk masuk ke halaman situs Anda, mendatangkan lebih banyak orang untuk membeli produk Anda, menginformasikan kepada lebih banyak orang tentang produk atau fitur baru yang ada pada brand Anda, dan lain sebagainya. Google menyediakan beberapa macam tipe penempatan iklan yang bisa dipilih sesuai dengan tipe iklan atau kampanye perusahaan/brand Anda. Anda bisa memilih satu atau beberapa tipe iklan untuk menayangkan iklan, mana yang paling banyak diakses oleh target konsumen Anda, melakukan tes platform mana yang performanya paling membuahkan hasil yang lebih memuaskan, mana yang paling efisien biayanya, dan sebagainya. Berikut adalah tipe-tipe iklan Google Ads yang bisa dipilih:

  1. Iklan halaman pencarian

Baca:  Butuh Jasa AdWords Terbaik? Pilih Rumah Ads Saja!

Tipe iklan ini bisa menjadi langkah awal untuk mencoba kualitas dari iklan Anda dan merupakan tipe iklan yang paling banyak dipilih oleh para pemasar. Iklan halaman pencarian adalah iklan yang muncul ketika seorang pengguna internet mengetikkan kata kunci target iklan Anda. Iklan akan muncul pada bagian paling atas pada hasil pencarian atau bagian bawah dan ditandai dengan tulisan “Ad” pada kotak kecil. Dengan iklan yang muncul pada hasil pencarian tentunya akan menambah lebih banyak traffic masuk ke landing page situs Anda dan melakukan hal yang Anda minta pada landing page tersebut.

  1. Iklan di jaringan situs online

Tipe Google Ads yang kedua adalah iklan yang muncul pada jaringan situs online yang dibuka oleh pengguna internet. Fungsi Google Ads ini adalah memancing orang untuk melakukan klik pada banner iklan yang dipasang pada situs-situs online, situs media, blog,  dan situs lainnya yang membuka platformnya untuk dipasang iklan oleh Google baik gambar maupun video. Menggunakan tipe iklan ini agak sedikit lebih rumit karena performa iklan tergantung dengan kualitas konten iklan karena pengguna bisa saja meng-klik tombol close yang artinya iklan tersebut tidak akan ditayangkan kepada pengguna tersebut untuk kedua kalinya.

  1. Iklan jaringan katalog belanja

Iklan ini mirip seperti katalog di mana Anda hanya menampilkan foto produk, nama produk, dan juga harga. Cocok untuk perusahaan yang ingin menawarkan produk langsung dan bukan jasa apalagi cerita mengenai nilai brand. Tipe iklan ini banyak digunakan oleh para pebisnis online yang memiliki toko online baik toko online sendiri atau marketplace. Iklan tidak hanya muncul pada Google Shopping namun juga akan muncul ketika pengguna internet mengetikkan kata kunci tertentu yang memicu ditampilkannya iklan Google Shopping tersebut.

  1. Iklan jaringan video

Iklan Google Ads satu ini akan menayangkan kampanye iklan Anda di video-video Youtube yang relevan dengan kategori iklan. Iklan bisa muncul pada bagian awal, maupun di bagian tengah selama penayangan video. Pada tipe iklan ini, penonton video memiliki opsi untuk tidak melihat iklan sampai selesai dengan klik tombol Skip Ad. Setiap iklan yang ditekan tombol Skip Ad tidak akan dikenakan biaya iklan. Penonton video yang tertarik dengan iklan Anda tinggal melakukan klik pada video yang kemudian akan diarahkan langsung ke situs landing page Anda.

  1. Iklan jaringan aplikasi

Iklan ini biasanya digunakan untuk mendorong lebih banyak orang untuk mengunduh aplikasi mobile Anda, mengunduh konten digital Anda, atau mendorong lebih banyak aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Anda. Iklan Google Ads ini hanya ditayangkan pada smartphone dan juga tablet yang kemudian akan diarahkan untuk masuk ke halaman pengunduhan aplikasi tersebut. Platform ini biasanya digunakan untuk iklan yang ditargetkan untuk audiens yang masih muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Ada yang bisa saya bantu?