Pilihan Jenis Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Pilihan Jenis Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Berbisnis di bidang makanan memang tidak ada matinya, karena pasti akan ada menu-menu baru yang memberi keuntungan. Ini disebabkan, karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Bahkan ada banyak usaha makanan unik dengan modal kecil yang bila dijalankan bisa berhasil.

Belalang Goreng

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-01
cibiexpo.it

Menu pertama ini tidak hanya unik tetapi juga ekstrem. Mungkin Anda sedikit geli mendengarnya, tetapi ternyata banyak juga peminat yang menyukai makanan tersebut. Tidak hanya nikmat, dengan memakan belalang goreng ini dapat mencerdaskan otak, mempercantik kulit juga menjaga tulang agar tetap sehat.

Dengan hanya modal kecil berbahan baku belalang, ini bisa Anda dapatkan di pasar atau tempat menjual pakan burung. Namun, bisa meraup keuntungan besar mulai dari 400 ribuan hingga 1 juta rupiah bergantung dari berapa porsi terjual.

Tahu Kribo

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-02
kurioapps.com

Bila mendengar nama makanan unik akan mengundang daya tarik konsumen untuk membelinya. Selain unik, jenis makanan satu ini juga kreatif dalam proses pembuatannya. Caranya mudah, Anda tinggal menghancurkan tahu yang kemudian dicampur dengan tepung beras, kanji dan lainnya baru digoreng.

Modal usaha makanan unik dengan modal kecil ini juga tidak banyak, tahu bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau di pasar.

Cukup dengan investasi awal 100 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa membuat puluhan tahu kribo dan dijual per-bijinya seribu rupiah atau bergantung harga pasaran makanan di daerah masing-masing.

Burger Hitam

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-03
pexels.com

Makanan ini memang tidak aneh, sebab sudah ada yang menjual roti burger di supermarket berwarna hitam, hanya saja tidak begitu familiar. Kebanyakan pedagang menjual burger berwarna kuning kecoklatan, namun rasa yang disuguhkan makanan ini tetaplah sama.

Bila Anda serius menjalankan usaha Burger Hitam ini lengkap dengan gerobaknya, maka modal yang dibutuhkan sekitar 5 juta rupiah termasuk biaya membuat gerobak. Tetapi jangan khawatir, bila tidak memiliki modal sebanyak itu, bisa disiasati dengan berdagang melalui online dan sistem Made by Order.

Anda hanya perlu belanja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Burger Hitam, mulai dari sayuran, daging, beef atau bisa diganti dengan ayam dan nugget, bahan saus serta roti burger berwarna hitam.

Cukup dengan 100 ribu rupiah saja sudah bisa jadi beberapa porsi burger yang dapat dijual 7 hingga 10 ribu rupiah per-bijinya.

Asinan Rambutan

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-04
ytimg.com

Kalau mendengar asinan mangga pasti sudah sering didapati di jalan-jalan. Tetapi, asinan rambutan juga tidak kalah nikmat. Sebagai salah satu usaha makanan unik dan kreatif ini cara membuatnya pun cukup mudah.

Modal yang harus Anda keluarkan juga tidak banyak, sekitar 50 ribu rupiah untuk membeli rambutan, cabai, garam dan bahan baku lain untuk bumbu asinan. Namun, karena rambutan adalah buah musiman maka lebih mudah bila menu ini dijual ketika musim rambutan tiba, agar tidak kesulitan mencari buahnya.

Semangka Goreng

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-05
pinimg.com

Buah semangka kerap dimakan sebagai pencuci mulut sesudah makanan pokok. Namun lain dengan makanan unik satu ini, meski bisa langsung dimakan tetapi harus digoreng dulu. Prosesnya sama dengan membuat pisang goreng.

Dana yang dihabiskan juga sangatlah hemat, Anda hanya membutuhkan modal sekitar 50 ribu untuk bahan makanan beserta wadah pembungkusnya. Alangkah lebih indah bila hasil semangka gorengan itu dihias menggunakan susu atau selai serta topping warna-warni di atasnya.

Es Krim Goreng

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-06
cookpad.com

Mendengar menu satu ini pasti penasaran bagaimana bisa es krim yang didiamkan di suhu ruangan biasa selama kurang dari satu menit saja bisa leleh, apalagi bila digoreng dengan suhu lebih panas. Tetapi ternyata ada trik menggoreng es krim yaitu dimasukkan ke dalam roti.

Usaha makanan unik dengan modal kecil ini sangat menjanjikan saat ini, sebab banyak sekali orang Indonesia yang menyukai es krim apalagi ditampilkan dengan suasana berbeda. Anda hanya membutuhkan modal sekitar 7 juta rupiah untuk membuat rombong, membeli wadah-wadah untuk es krim dan beberapa bahan baku lain seperti roti.

Dengan memberi hiasan berbagai topping bisa menambah ketertarikan pembeli. Bila sudah jalan dan berhasil, Anda bisa membuka franchise es krim goreng di mana-mana. (Baca: Bisnis Online Tanpa Modal).

Dadar Gulung Coklat

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-07
youtube.com

Bila Anda pernah mengetahui jajanan pasar dadar gulung berwarna hijau isi kelapa, pasti sudah biasa dijumpai. Namun, siapa sangka bahwa dadar gulung coklat dapat menggugah selera konsumen.

Baca:  Bisnis Makanan Ringan Tidak Akan Pernah Padam

Cara pembuatan usaha makanan unik dengan modal kecil ini juga mudah dan bisa didapatkan dari resep-resep online atau buku masak.

Isian kreatif bisa memakai pisang, meses atau keju dan sebagainya. Bila menginginkan modal yang sangat minim, Anda cukup membeli bahan-bahan saja, kemudian dititipkan di pasar atau penjual makanan di tempat-tempat ramai.

Modal yang perlu dikeluarkan bila dikalkulasi hanya sekitar 50 ribu rupiah. Namun, jika Anda tertarik memiliki booth sendiri, modal 3 juta saja bisa mencetak omset atau keuntungan 9 juta tiap bulannya.

Keripik Tempe

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-08
omiyago.com

Usaha makanan unik lainnya yaitu berbahan dasar tempe. Modalnya bisa dibilang sangat ekonomis, sebab hanya membutuhkan tempe dan beberapa siung bawang untuk bumbu gurih tempenya. Cukup dengan 100 ribu saja Anda sudah bisa menghasilkan beberapa kemasan keripik tempe ini.

Selain itu, masa kadaluarsa usaha makanan unik dengan modal kecil ini cukup lama, karena merupakan jenis makanan kering.

Peminatnya juga cukup banyak, mengingat orang Indonesia menyukai camilan. Anda juga bisa  menjual di booth sendiri dengan mempromosikan per plastik, ditambah pemberian bumbu-bumbu rasa agar pembeli tidak bosan.

Keripik Bayam

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-10
grosimesin.com

Siapa bilang bayam hanya bisa diolah menjadi sayuran berkuah seperti yang biasa ada di rumah. Keripik bayam juga menarik untuk dijajakan di pasaran. Bahkan, cukup bermodal dengan 20 ribu rupiah saja sudah bisa mendapatkan banyak ikat bayam sekaligus bumbu-bumbunya.

Kemudian, Anda bisa kemas keripik bayam di plastik kecil dijual seharga 2 hingga 3 ribu rupiah. Tidak perlu membuat stand sendiri sebab makanan ini dapat dititipkan di rumah makan atau warung. Perolehan untungnya juga terbilang lumayan bisa mencapai 100 ribu setiap 1 resep.

Ramen Burger

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-10
taste.com.au

Kreativitas menu di bidang kuliner memang tidak ada habisnya seperti yang satu ini, ramen perlahan sudah menjamur di kalangan orang Indonesia, termasuk membuat burger menggunakan mie ramen terbilang cukup unik.

Caranya sama seperti usaha burger hitam hanya saja roti burgernya, namun Anda harus membuat dari mie ramen. Modal yang harus dikeluarkan sekitar 500 ribu, karena membutuhkan wajan cetakan bulat untuk menggoreng mie.

Namun jika semua alat dan perlengkapan memasang sudah Anda miliki, maka modal bisa menjadi kecil hanya berkisar 50 hingga 100 ribu saja. Ini untuk keperluan bahan dasar mie, keju, sayuran dan bahan-bahan saus sebagai isian Ramen Burger.

Oreo Goreng

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-11
cookpad.com

Oreo sebagai salah satu usaha makanan unik dengan modal kecil dan camilan kue yang enak, ternyata digemari banyak orang, bahkan menarik lagi jika disajikan dengan digoreng. Tampilan luar tampak seperti nugget, namun pembuatannya mirip dengan pisang goreng krispi.

Bahan baku yang dibutuhkan adalah oreo, adonan tepung terigu dan vanili atau dapat menggunakan tepung pisang yang sudah jadi, serta tepung panir untuk menghasilkan tekstur krispi. Untuk modalnya kurang dari 100 ribu rupiah. Tetapi omset yang bisa diraih sebanyak 2 kali lipat.

Anda juga bisa menambahkan selai warna-warni beserta topping coklat atau lainnya di atas beberapa butir oreo goreng, kemudian diletakkan di wadah pembungkus dari kertas kaku seperti kardus makanan. Dijamin laku keras karena camilan enak seperti ini mudah menembus pasaran kuliner orang Indonesia.

Seblak Seafood

usaha-makanan-unik-dengan-modal-kecil-12
myeatandtravelstory.wordpress.com

Seblak pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Ini karena, belakangan ini makanan seblak sudah banyak dijajakan di berbagai daerah dengan menyasar kalangan anak muda. Namun, untuk membuatnya sedikit berbeda dari yang lain Anda dapat menambahkannya seafood atau ikan-ikan laut lain ke dalamnya.

Modalnya bisa dibuat sekitar 200 ribu, karena untuk membeli ikan atau makanan laut lainnya. Serta beberapa macam kerupuk sebagai ciri khas seblak. Tetapi, jenis makanan ini akan lebih dikenal orang lagi bila Anda mendirikan booth atau rumah makan kecil-kecilan.

Modalnya sekitar 5 juta, namun belum termasuk sewa tempat. Walaupun begitu, ini berpeluang besar dikenal oleh pelanggan.

Bagaimana? Pasti Anda sudah memiliki gambaran akan membuka bisnis kuliner pilihan. Ini karena, ada banyak jenis usaha makanan unik dengan modal kecil untuk diterapkan atau dijadikan referensi membuat menu unik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.