Ide Berjualan Jajanan Pasar Alternatif Harga Minyak Meroket

Ide Berjualan Jajanan Pasar Alternatif Harga Minyak Meroket

Jajanan Pasar

Ide berjualan jajanan pasar selain gorengan kini mendapat banyak minat, terutama setelah beberapa saat lalu harga minyak menanjak tinggi.

Dalam memulai sebuah bisnis kita harus tau apa yang akan kita lakukan dan apakah rencana selanjutnya. Modal menjadi topik utama bagi seseorang yang ingin memulai bisnis terutama dalam hal kuliner.

Berjualan jajanan pasar sebenarnya tidak begitu membutuhkan modal yang besar. Kita bisa memulainya dari skala kecil yaitu produksi di rumah maupun menjadi reseller jajanan pasar

Sesuaikan dengan kemampuan Anda saja. Jika Anda bisa membuat sendiri maka akan lebih baik, karena Anda tau bagaimana kualitas bahan dan jajanan yang Anda jual. Anda juga bisa meraup keuntungan yang lebih.

Sedangkan, menjadi reseller pun bukan ide yang buruk. Anda bisa menjual jajanan pasar tanpa meluangkan waktu untuk membuatnya. Anda hanya tinggal memesan pada pembuat kue dan menjualnya dengan pertimbangan harga tertentu sehingga tetap untung.

Kelebihan dan Kelemahan Jualan Jajanan Pasar

Setiap usaha pada dasarnya akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak terlepas juga pada usaha jualan jajanan pasar ini.

Kelebihan Jual Jajanan Pasar

Memahami kelebihan bisnis yang kita jalani akan membuat kita bisa lebih berkembang lagi.

1. Alat dan bahan mudah di peroleh

 Menjual jajanan pasar tidak membutuhkan modal yang besar. Seperti yang kita tahu, kebanyakan proses pembuatannya lebih sederhana. Bahan-bahan yang digunakan pun juga bahan yang mudah kita dapatkan di pasaran. Peralatannya juga tidak sulit untuk didapatkan.

Baca:  Ketahuilah, Berbagai Pengertian Bisnis dari Para Ahli Berikut!

Berbeda dengan jajanan modern masa kini yang pembuatannya membutuhkan bahan-bahan tertentu dan peralatannya juga modern dengan harga yang mahal. 

Selain itu jajanan modern banyak menggunakan pengawet, pewarna, pemanis, ataupun perasa buatan, tidak alami seperti jajanan pasar.

2. Selalu ada demand 

Jajanan tradisional umumnya banyak digunakan dalam acara-acara lokal. Peminatnya pun juga tak lekang usia. 

Apalagi jajanan pasar ini cocok sekali sebagai camilan rumahan. Sehingga permintaan akan terus ada.

3. Cukup mudah untuk di kembangkan

Seperti yang kita tahu, ide berjualan jajanan pasar terus mengalami inovasi seiring waktu. Mulai dari rasa maupun kemasan serta topping atau isian kue.

Pengembangan yang mudah inilah yang jadi salah satu kelebihan jajanan pasar. Bentuk promosinya pun biasanya banyak yang secara mulut ke mulut. 

Selain itu biasanya permintaan produk dilakukan secara pre order dengan membayar uang muka terlebih dahulu ataupun full pay. Permintaan juga bisa by request. Jadi Anda tidak perlu mencari modal.

Kelemahan Usaha Jajanan Pasar

Bahan baku jajanan pasar yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan pengawet sehingga memiliki masa penyimpanan yang tidak lama hingga berhari-hari. Biasanya jajanan pasar normalnya bertahan sehari saja sebelum akhirnya basi. 

Berjualan apapun tentu ada resiko produk sisa yang tidak terjual habis. Nah, jajanan pasar ini jika sisa tidak bisa disimpan di lemari es untuk dijual kembali. Karena mudah basi dan tidak fresh lagi.

Ide Berjualan Jajanan Pasar Selain Jajan Gorengan

Sebenarnya ada begitu banyak jajanan pasar selain jajanan yang di goreng. Walaupun mayoritas jajanan gorengan memang sangat memikat pembeli karena teksturnya yang krispi. 

Berikut ini adalah beberapa ide berjualan jajanan pasar yang bisa Anda jadikan rekomendasi produk jualan Anda.

Baca:  Manajemen Bisnis Menjadi Hal Terbaik untuk Bisnis

1. Kue Klepon 

Ide berjualan jajanan pasar selain gorengan kini mendapat banyak minat, terutama setelah beberapa saat lalu harga minyak menanjak tinggi.

Di pasaran kue klepon menjadi salah satu kue yang cukup popular. Berbagai kalangan menyukai kue klepon. Rasa nya yang manis khas isi gula merah jawa beserta balutan kelapa parut semakin menambah nikmat.

Pada umumnya klepon berwarna hijau pAndan dan berbentuk bulat-bulat sedang. Rasa dan penampilan yang manarik pembeli. 

Kue ini berbahan dasar tepung ketan, garam, kelapa muda parut, santan, untuk isiannya menggunakan gula jawa. Pewarna adonan menggunakan pewarna makanan atau pun jika ingin bahan alami maka bisa gunakan daun pAndan.

2. Serabi

Ide berjualan jajanan pasar selain gorengan kini mendapat banyak minat, terutama setelah beberapa saat lalu harga minyak menanjak tinggi.

Selain klepon, ide berjualan jajanan pasar lain yang nikmat namun tanpa perlu proses di goreng yaitu surabi. Wah jajan ini sangat nikmat disantap ketika malam hari atau di tengah gerimis, serta kuah serabi yang hangat.

Surabi memiliki rasa manis gurih yang otentik, biasanya juga disertai kuah santan dengan aroma pAndannya yang semerbak. 

Bahan dasar serabi terbuat dari tepung terigu, telur, santan, ragi instan, baking powder, dan garam secukupnya. Untuk kuahnya sendiri berbahan dasar santan dengan tambahan gula merah dan daun pAndan serta garam secukupnya.

Serabi di masak dengan cetakan bulat pipih khusus. Biasanya banyak di pasar tradisional. Namun kini sudah ada Teflon khusus cetakan serabi.

Tips Memulai Jualan Jajanan Pasar Anda agar Cepat Berkembang

Inilah beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi dalam memulai bisnis jualan jajanan pasar:

  • Gunakan Bahan Baku yang Berkualitas

Menjaga kualitas produk yang kita jual juga berarti menjaga kepuasan pelanggan

Menjaga kualitas produk yang kita jual juga berarti menjaga kepuasan pelanggan. Walaupun memang, dalam berbisnis kita butuh keuntungan, namun tanpa kepercayaan pelanggan maka produk tidak akan terjual.

Kualitas produk terbentuk dari kualitas bahan baku yang digunakan. Walau harga nya sedikit lebih mahal, kepuasan pelanggan akan membawa mereka datang untuk membeli lagi. 

  • Pahamilah Selera Pasar

Pilihan kue yang Anda jual usahakan adalah kue yang banyak diminati oleh pelanggan. Anda bisa lakukan riset sendiri secara sederhana mengenai hal ini.

Baca:  Peluang Usaha Ternak Lovebird Menggiurkan, Ternyata Tidak Sulit Lho!

Perhatikan produk mana yang sering terjual habis dan mana yang tidak. Dari situ, Anda bisa menyediakan stok lebih banyak pada jajanan pasar yang laris dari pada yang lainnya. 

  • Berpromosi di Sosial Media

Anda dapat melakukan promosi di media sosial tanpa mengeluarkan cost. 

Saat baru berbisnis tentu kita membutuhkan suatu media sebagai tempat memperkenalkan produk apa yang kita jual. Keberadaan sosial media di sini sangatlah membantu dalam hal ini. Anda dapat melakukan promosi tanpa mengeluarkan cost

Caranya juga mudah, tinggal unggah saja foto beserta rincian deskripsi yang diperlukan. Tak lupa sertakan juga berbagai promo menarik sebagai umpan.

Berpromosi di sosial media memiliki keunggulan tersendiri, cakupan pasarnya bisa lebih luas. Semakin banyak orang melihat postingan Anda, maka jualan Anda akan semakin terkenal dan berpotensi dalam meningkatnya penjualan.

  • Carilah Lokasi yang Strategis untuk Berjualan

Lokasi yang Anda pilih sebagai tempat berjualan adalah hal penting bagi Anda yang baru mulai berjualan jajanan. Usahakan untuk memilih tempat yang strategis, agar jualanmu menarik perhatian dan mudah di akses.

Dalam memilih lokasi ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan yaitu lokasi yang ramai, bisa di pasar, pinggir jalan, kawasan permukiman, kawasan sekolah hingga kawasan industri. Lokasi-lokasi ini biasanya strategis, dan mudah dijangkau dengan berbagai akses.

Demikian sekilas ide berjualan jajanan pasar selain gorengan yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk Anda terapkan dan memulai usaha Anda sendiri. Semoga sukses!