Apa Itu Search Query Beserta 3 Jenis Pencariannya

Apa Itu Search Query Beserta 3 Jenis Pencariannya

Apa Itu Search Query? Query yaitu permintaan yang diajukan dalam bentuk database atau kombinasi tabel menggunakan query. Sehingga sistem dapat memahami dan memproses query yang sesuai.

Dalam bahasa Inggris, query berarti permintaan informasi. Sedangkan dalam bahasa pemrograman komputer, query mengacu pada permintaan informasi yang diambil dari database.

Penulisan query ini membutuhkan serangkaian kode yang sudah ditentukan supaya database bisa memahami instruksi yang diberikan. Biasanya kode ini disebut dengan bahasa query.

Bahasa yang dipakai standar untuk DBMS yaitu Structured Query Language (SQL), sedangkan bahasa query lain dapat memudahkan komunikasi database seperti AQL, Datalog dan DMX.

Apa Itu Search Query?

Apa Itu Search Query
cloudinary.com

Search query (kueri penelusuran) merupakan kata yang diketik pengguna saat melakukan penelusuran di internet. Nantinya, kata tersebut akan memberikan sejumlah hasil penelusuran yang relevan.

Terkadang istilah search query dan keyword membuat banyak orang kebingungan untuk membedakannya. Untuk mengetahui perbedaan keduanya simak ulasan di bawah ini!

Apa Perbedaan Search Query dan Keyword?

Perbedaan Search Query dan Keyword
smushcdn.com

Ternyata keduanya saling berhubungan loh, dimana keyword bisa membentuk search query. Perbedaan keduanya terlihat pada penggunanya. Search query yaitu kata yang dipakai pengguna internet saat melakukan aktivitas browsing.

Sedangkan keyword yaitu kumpulan kata yang dipakai content writer dan digital marketer untuk membuat sebuah konten.

Pada praktiknya, content writer akan memilih keyword dengan berdasarkan kata yang ditelusuri pengguna internet. Sehingga konten yang diproduksi nantinya dapat menjangkau target audiens.

Apa Saja Jenis Pencarian Search Query?

Jenis Pencarian Search Query
techtalk.gfi.com

Ketika memahami kueri penelusuran, maka Anda menemukan berbagai jenis penelusuran google seperti: 

Baca:  Apa Itu Search Volume? Gimana Cara Menganalisisnya?

1. Kueri Pencarian Navigasi

Search query ini berfokus pada website atau laman web tertentu. Contoh pencarian yang bermerek, yaitu seseorang mengetik “youtube” di bilah pencarian daripada mengetik di url.

Hal tersebut merupakan permintaan pencarian navigasi, dimana pengguna tahu website apa yang diinginkan. Namun apakah jenis kueri penelusuran google ini meningkatkan?

Tidak terlalu, sebab search query berfokus pada merek tertentu saja. Jadi kalau Anda bukan website itu,maka nggak akan memenuhi kebutuhan mereka.

Nah salah satu cara untuk mengoptimalkan kueri penelusuran navigasi yaitu dengan memastikan website sudah muncul dibagian atas hasil penelusuran.

2. Permintaan Pencarian Informasi

Search query informasional yaitu query pencarian dengan mencakup topik yang banyak. Ketika pengguna melakukan pencarian ini, mak nggak akan mencari website tertentu maupun membeli produk tertentu.

Artinya, penelusuran jenis penelusuran dapat menemukan jawaban atas pertanyaan atau cara melakukan sesuatu. Selain itu, pencarian pengguna juga dapat menemukan lebih banyak informasi dan pengetahuan.

Lalu gimana sih target kueri informasi? Biasanya, perusahaan sering menargetkannya sebab sangat mudah untuk menentukan peringkatnya.

Bahkan bisa juga memberi peringkat untuk kueri ini dengan membuat optimasi mesin pencari(seo) yang dioptimalkan.

Ketika membuat konten yang relevan dengan kualitas tinggi, maka bisa membantu peringkat website lebih baik dalam pencarian informasi. Sehingga Anda dapat memposisikan diri sebagai sumber informasi yang dipercaya.

3. Permintaan Pencarian Transaksional

Dengan pencarian transaksional pengguna dapat melihat bentuk pembelian. Permintaan pencarian transaksional umum yang dilakukan pengguna bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti:

  • Nama merek dan produk 
  • Kueri produk genetik
  • Frasa transaksional

Selain itu, ada juga subkategori yang dikenal sebagai pencarian vertikal atau penelusuran untuk menemukan bisnis lokal seperti restoran dan toko.

Baca:  Apa Itu Search Intent? Apakah Penting Dalam SEO?

Perlu diketahui bahwa query bisa berupa pemilihan maupun tindakan. Dimana Pemilihan dapat memilih data, sedangkan tindakan dapat memanipulasi data yang diambil. Bahkan query juga dapat berjalan dengan mengkombinasikan tindakan supaya tugas yang dilakukan lebih bervariasi seperti untuk meninjau, menyisipkan, mengubah, menghapus data dan menggabungkan data dari beberapa tabel.