Panduan Lengkap, Internal Link Untuk Mengoptimalkan SEO

Panduan Lengkap, Internal Link Untuk Mengoptimalkan SEO

Sebelum konten mendapat peringkat pencarian, tentu saja konten tersebut membutuhkan internal link bukan? Sebab Google bisa menemukan postingan dan halaman yang paling baik kalau ditautkan dari sebuah web.

Internal link (tautan internal) juga berfungsi untuk menghubungkan konten dan memberi Google gambaran mengenai struktur situs.

Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan halaman yang paling penting dan memposting lebih banyak tautan yang relevan dan berkualitas dibandingkan halaman lain yang mempunyai kualitas rendah.

Sebaiknya, gunakan strategi internal yang pas sehingga bisa meningkatkan SEO Anda. Untuk itu, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui pengertian internal link, manfaatnya serta strateginya.

Apa Itu Internal Link SEO?

Apa Itu Internal Link SEO
internallinkmaster.com

Internal link merupakan link atau tautan yang menghubungkan konten di dalam website. Link tersebut berperan penting untuk SEO, sebab membantu google untuk mengindeks web dan memahami seluruh strukturnya.

Kalau google bisa memahami isi konten mu, maka website tersebut akan mendapatkan rangking teratas di hasil pencarian google.

Biasanya, penyisipan internal link yang terdapat di dalam konten tulisan berupa anchor teks dengan frasa yang relevan.

Pembaca bisa mengecek link yang disisipkan dengan mengkliknya sehingga link tersebut membuka website dengan nama domain yang sama.

Bahkan, manfaat internal link ini akan semakin maksimal jika konten yang dihasilkan mencakup teknik seo yang relevan.

Baca:  5 Strategi Agar Menghasilkan Keyword Density yang Ideal

Pentingkah Internal Link Dalam SEO?

Pentingkah Internal Link Dalam SEO
searchengineland.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa, google pun menggunakan internal link untuk menentukan konten baru di sebuah website. Misalnya dengan menambahkan halaman baru di website tanpa harus menaut di halaman manapun. 

Kalau halaman baru tersebut nggak disertakan ke dalam sitemap dan nggak mempunyai satu backlink, maka google nggak bisa mengetahui keberadaan halaman baru di website Anda.

Tak hanya itu saja, internal link juga membantu pendistribusian peringkat halaman di website. Semakin banyak halaman mendapatkan internal link dari  halaman lain, maka peringkat halaman tersebut semakin tinggi.

Manfaat Apa yang Didapatkan Pada Internal Link?

Manfaat Apa yang Didapatkan Pada Internal Link
toffeedev.com

Internal link yang baik bukan sekedar teman biasa saja, namun fungsinya menarik pengunjung untuk membaca konten selanjutnya. Adapun manfaat yang didapatkan saat menggunakan internal link, yaitu:

1. Membuat Pengunjung Betah

Memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi, apalagi untuk artikel berseri yang berkaitan satu sama lain. Kalau pengunjung betah, maka website dipandang baik dimata Google. Sehingga peringkat website semakin baik di mata web crawler.

2. Menurunkan Bounce Rate

Bounce rate yaitu indikator yang dipakai untuk menghitung berapa banyak halaman yang dibuka pengunjung saat berada di website. Nilai utamanya akan dipengaruhi kualitas artikel dan kemudahan navigasi.

3. Distribusi Traffic Antar Artikel

Di dalam website, ada artikel yang nggak mendapatkan exposure traffic optimal. Namun ada juga artikel pilar yang mendapat banyak kunjungan walau usianya beberapa tahun.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan untuk mendistribusikan traffic ke artikel yang kurang mendapat pembaca.

Strategi Apa yang Diterapkan Pada Internal Link?

Strategi Apa yang Diterapkan Pada Internal Link
zeve.au

Ada beberapa strategi yang bisa digunakan untuk membuat internal link, sehingga nggak sia-sia mencantumkan internal link tersebut. Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui strateginya!

Baca:  Apa Itu SEO Goal dan Target Apa yang Harus Dilakukan?

1. Membangun Struktur yang Lebih Ideal

Membangun struktur website yang lebih ideal, seperti membayangkan website yang dimiliki merupakan piramida. Sehingga postingan konten akan muncul di bagian atas piramida atau homepage.

Jika konten yang ditampilkan berada dibawah, sebaiknya  buatlah konten yang mengandung banyak link di dalamnya. Pastikan juga untuk nggak berlebihan supaya Google nggak mengalami kesulitan saat mengindeks kontenmu.

2. Memasukkan Kata Kunci di Anchor Text

Anchor text yaitu potongan kata berisi tautan URL yang bisa diklik dengan mengarahkan pengunjung ke halaman lainnya. Saat menggunakannya, memasukkan kata kunci relevan dengan halaman yang dituju. 

3. Pakai Anchor Text yang Relevan

Anchor text berperan penting dalam menunjang kesuksesan pengaturan internal link. Karena, Anda bisa membuat kata yang menarik dari segi LSI atau dari sisi copywriting.

Sebaiknya jangan gunakan anchor text yang sama secara berulang-ulang.

Karena selain mudah terindikasi spam, kurang efektif juga untuk menarik minat pengunjung. Jadi gunakan anchor text senatural mungkin untuk menghindari terkena penalti dari perubahan algoritma mesin pencari.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui tentang link internal. Dengan begitu, Anda dapat menerapkan cara optimasi diatas pada website bisnis online yang dikelola. Mengelola website untuk bisnis merupakan hal yang penting dan bermanfaat. Sehingga bisa meningkatkan kredibilitas brand di mata konsumen.