Apa Itu Segmentasi Pemasaran? Manfaat, Jenis dan Tujuannya?

Apa Itu Segmentasi Pemasaran? Manfaat, Jenis dan Tujuannya?

Apa Itu Segmentasi Pemasaran – Sebuah bisnis yang sukses pastinya harus mengetahui cara menentukan target pasar yang tepat bukan? Nah misalnya seorang pemanah, mereka sudah tahu seberapa besar tenaga yang harus dikeluarkan untuk mencapai target sasaran.

Kalau targetnya dekat, artinya nggak perlu menarik anak panah agak jauh sebab tenaga akan terbuang sia-sia. Namun kalau targetnya jauh, barulah memerlukan tenaga lebih agar dapat mencapai target sasaran.

Bagi para pebisnis tentunya memerlukan segmentasi pasar sesuai dengan target. Sebelum itu, ketahui dulu apa itu segmentasi pasar, tujuannya, manfaatnya serta jenis-jenisnya.

Apa Itu Segmentasi Pasar?

Apa Itu Segmentasi Pasar
ksprtj.net

Segmentasi pasar yaitu sebuah strategi pemetaan target pelanggan berdasarkan karakteristik, kebutuhan dan perilakunya supaya perusahaan dapat mengenali kelompok pelanggan dengan lebih baik.

Dengan melalui segmentasi pasar, perusahaan dapat mengetahui target pelanggan mana yang tepat untuk bisnis. Sehingga bisnis yang diharapkan memberikan hasil secara optimal dan mempunyai efektifitas pemasaran yang sangat tinggi.

Apa Saja Manfaat dari Segmentasi Pasar?

Apa Saja Manfaat dari Segmentasi Pasar
manjakan.com

Segmentasi pasar berperan penting bagi bisnis sebab terdapat beberapa manfaat yang diberikannya. Manfaatnya antara lain yaitu:

  • Membantu memenuhi kebutuhan pelanggan
  • Meningkatkan daya tarik pelanggan
  • Mempermudah perusahaan untuk mengatur produk atau jasa yang telah ditawarkan
  • Membantu perusahaan fokus kepada kelompok target pelanggan khusu¬†
  • Membuka peluang lebih besar kepada bisnis
  • Membantu pemasaran menjadi terarah
  • Mempermudahkan perusahaan mengelola keuangan
  • Meningkatkan daya saing bersama kompetitor
Baca:  Manajemen Bisnis Menjadi Hal Terbaik untuk Bisnis

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar Apa Aja?

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar Apa Aja
maucash.id

Secara umum, strategi segmentasi pasar terbagi menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Segmentasi Demografis

Segmentasi ini bisa melihat beberapa aspek berupa jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, status menikah dan sebagainya. Biasanya digunakan perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran untuk produk maupun jasa yang ditawarkan.

Sementara itu, variabelnya lebih mudah untuk diketahui dan diukur daripada variabel dalam jenis segmentasi pasar lainnya. Nggak heran jika segmentasi ini dinilai lebih mudah untuk dilakukan.

2. Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis dapat mengelompokan targetnya berdasarkan aspek lokasi, seperti tempat tinggal.

Segmentasi ini dapat dipertimbangkan sebab kebutuhan suatu produk maupun jasa akan berbeda-beda tergantung cuaca, keadaan tanah dan lokasinya.

3. Segmentasi Perilaku

Sesuai namanya yaitu segmen pasar yang mengandalkan perilaku pelanggan kepada suatu bisnis. Terdapat beberapa variabel perilaku seperti sikap, reaksi, kebiasaan dan penggunaan produk yang berhubungan dengan pengambilan keputusan pelanggan.

Segmentasi ini dapat mengembangkan target marketing yang lebih spesifik dan bisa menyusun strategi bisnis untuk membangun brand loyalty.

4. Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis yaitu melibatkan aspek psikologis dari para calon pelanggan dengan pembagian kelompok konsumen berdasarkan hal yang disukai, aktivitas yang dilakukan dan pendapatan pelanggan.

Untuk menerapkannya, Anda dapat menggunakan survei pada kelompok pelanggan tertentu. Selain itu, segmentasi ini juga dapat mengetahui preferensi target pasar terhadap perusahaan dan produknya.

Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi pemasaran semenarik mungkin sehingga pelanggan tergiur.

Tujuan Apa yang Dilakukan Segmentasi Pasar?

Tujuan
gramedia.net

Tujuan utamanya yaitu dapat memberikan pelayanan pelanggan lebih baik, sebab mampu meningkatkan penjualan bisnis. Tujuan lain dari segmentasi pasar ini, yaitu:

1. Menciptakan Layanan lebih baik

Sebelum produk dibeli, biasanya pelanggan memperhatikan pelayanan bisnis terlebih dahulu. Melalui segmentasi pasar Anda akan lebih berfokus dalam melayani pasar dengan memberikan yang terbaik sesuai kebutuhan.

Baca:  Ide Pemasaran Bisnis Cake Anda agar Laris

2. Strategi Pemasaran Lebih Efektif

Market segmentation dapat membuat pasar lebih terarah atau lebih mudah memahami kebutuhan target pasar.

Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi marketing yang tepat untuk mereka, seperti dari segi penentuan harga, value produk, distribusi maupun promosi.

3. Perencanaan Bisnis yang Matang

Bisnis yang baik yaitu bisnis yang sudah direncanakan dengan matang, salah satu bagian yang diperhatikan yaitu target pasar.

Jadi, Anda harus mencari tahu gimana gaya hidup konsumen, daya beli, demografi, dan penilaian lainnya yang dapat ditentukan pebisnis.

4. Mengenal Kompetitor

Pebisnis pun bisa mengenal kompetitor dari target pasar yang sudah ditentukan. Selain produk yang sama, target pasar yang sama juga dapat menciptakan kompetitor.

Dengan begitu, diperlukan perusahaan untuk mengatur produk lebih terarah dalam menghadapi kompetitor. Keberadaannya jangan dijadikan beban, namun jadikan motivasi supaya dapat berinovasi untuk bersaing dengan kompetitor.

Gimana? Sekarang sudah tau penjelasan mengenai apa itu segmentasi pemasaran bukan? Menjalankan bisnis memang dibutuhkan berbagai strategi yang tepat, salah satunya melakukan segmentasi pasar. Dimana tujuannya untuk  mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara spesifik dan mengikuti perubahan pasar yang bersifat dinamis.