Yuk Kenali Apa Itu Web Hosting Serta Jenis-Jenisnya

Yuk Kenali Apa Itu Web Hosting Serta Jenis-Jenisnya

Apa Itu Web Hosting? – Hosting atau web hosting salah satu layanan yang disajikan untuk orang yang ingin membuat website. Fungsinya supaya website bisa ditampilkan melalui internet dan dapat diakses selama 24 jam penuh oleh siapa pun.

Selain itu, berfungsi juga untuk menjaga supaya website bisa terhindar dari serangan virus atau spam dengan memasang ssl. Walaupun mempunyai banyak fungsi, namun menggunakan web hosting harus berhati-hati.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya ketahui dulu apa itu web hosting, jenis-jenisnya dan cara kerjanya.

Apa Itu Hosting Web?

Apa Itu Hosting Web
tatthanh.com.vn

Hosting web merupakan sebuah layanan situs web yang mudah diakses di berbagai perangkat seperti desktop, seluler dan tablet.

Setiap situs web tersebut terbuat dari banyak file seperti gambar, video, teks, dan kode. Namun yang disimpan khusus di komputer disebut server.

Biasanya, penyedia layanan hosting web akan memelihara, mengkonfigurasi dan menjalankan server fisik yang bisa di sewa untuk file.

Bahkan bisa memberikan dukungan tambahan seperti keamanan, pencadangan situs web dan performa situs web yang membebaskan waktu untuk fokus pada fungsi inti dari situs web.

Gimana Web Hosting Itu Bekerja?

Gimana Web Hosting Itu Bekerja
inlinehostblogger.com

Ketika sedang membuat sebuah website, pasti kepikiran untuk mencari nama domain yang menarik bukan? Walaupun sebenarnya ada hal lain yang harus dilakukan, yakni mencari layanan hosting.

Setiap perusahaan layanan hosting pasti sudah menyediakan ruang server untuk menyimpan seluruh data bisnis seperti foto, video dan gambar yang akan tertampung pada web hosting.

Baca:  Apa Itu Meta Keyword? Fungsi, Cara Kerja & Cara Memasangnya

Jadi ketika seseorang menuliskan nama domain website di browser, secara otomatis host akan mengirimkan semua file yang diperlukan supaya pengguna bisa mengakses website tersebut.

Saat menggunakan hosting ini Anda harus teratur membayarkan uang sewa, jadi pengguna akan mudah mengaksesnya dan website pun berfungsi dengan baik.

Apa Saja Jenis-Jenis Web Hosting?

Apa Saja Jenis-Jenis Web Hosting
cheapsslsecurity.com

Setiap pemilik website pasti membutuhkan hosting yang berbeda-beda. Jadi terdapat berbagai macam hosting yang ditawarkan para penyedia layanan untuk menyesuaikan kebutuhan.

Untuk memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan, Yuk ketahui dulu jenis-jenis hosting berikut.

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan hosting yang paling murah dan populer. Hosting ini sangat cocok untuk website sederhana, apalagi yang baru mulai membuat website.

Dengan hosting ini, Anda akan berbagi server dengan klien lainnya di provider hosting yang sama. Website yang dijalankan tersebut berbagi semua resource, seperti memori, daya komputasi, ruang disk dan sebagainya.

Hosting ini memang server yang langsung siap digunakan, namun kurangnya akses ke konfigurasi server.

2. VPS Hosting

Sebenarnya website masih menggunakan ruang server fisik yang sama dengan website lain. Namun, terdapat partisi virtual di setiap pengguna sehingga website yang dihosting di sini mendapatkan resource khusus.

Oleh sebab itu, VPS salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin membuat website skala medium, toko online dan blog besar. Walaupun memiliki ruang server khusus, tapi perlu skill teknis untuk mengelolanya.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah web hosting yang mempunyai banyak server sehingga dinilai stabil dan mempunyai sumber daya yang nggak terbatas.

Kalau Anda memilih untuk menyewa jenis cloud hosting ini, pastinya nggak akan kecewa sebab setiap server bisa berinteraksi satu sama lain.

Baca:  Apa Itu Keyword Difficulty, Faktor dan Hubungannya Dengan SEO?

4. WordPress HostingĀ 

Hosting ini khusus untuk pengguna wordpress yang spesifikasinya serupa dengan shared hosting. Bedanya, server wordpress ini dikonfigurasi untuk pengguna supaya lebih mudah membangun website dengan beberapa klik.

Sedangkan shared hosting harus berbagi fasilitas penyimpanan dengan pengguna lainnya. Sementara itu, hosting ini juga memiliki harga ekonomis, terintegrasi dengan wordpress, full managed, fasilitas seperti disk space, SSL, dan sejenisnya.

Walaupun begitu, kalau ada pengguna lain yang menggunakan resource secara berlebihan maka akan terkena dampaknya.

5. Colocation Hosting

Colocation Hosting mirip seperti Dedicated Hosting sebab pengguna mempunyai full akses kontrol terhadap server. Hosting ini dapat memberikan akses fisik server kepada user.

Sehingga perusahaan yang menggunakannya perlu melakukan maintenance fisik dan memikirkan masalah internet, sumber daya listrik, penyimpanan server dan hal lainnya. Namun jenis hosting inilah yang paling mahal daripada hosting lainnya.

Jika Anda bingung ingin menentukan layanan web hosting yang disewa, maka lakukan survey terlebih dahulu. Dengan melihat riwayat layanan web hosting, testimoni pemakai, dan klien yang bekerjasama tersebut kemungkinan bisa membantumu untuk memilih web hosting yang cocok dan tepat.