Ketahuilah, Berbagai Pengertian Bisnis dari Para Ahli Berikut!

Ketahuilah, Berbagai Pengertian Bisnis dari Para Ahli Berikut!

Pengetahuan akan sesuatu harus selalu dikembangkan, agar Ia tidak ketinggalan zaman atau kadaluarsa.  Begitu juga dengan pengertian bisnis, Anda juga perlu mengetahuinya lebih dalam supaya menghindari salah tafsir dalam melakukan usaha pada bidang apapun.

Pengertian Bisnis dari Para Ahli

Inilah beberapa pengertian bisnis yang telah dipaparkan oleh para ahli di bidangnya berdasarkan penelitian terpercaya dan pastinya dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Seperti:

1. Menurut Ekonom Terkenal Allan Afuah

pengertian-bisnis-01
unsplash.com

Pengertian bisnis menurut seorang Allan Afuah, ini merupakan suatu kegiatan usaha perorangan yang terorganisasi untuk menghasilkan dana, dengan langkah melakukan penjualan barang atau jasa demi mendapatkan keuntungan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dengan melakukan bisnis tersebut, seseorang maupun badan usaha akan bisa meraup keuntungan sebanyak-banyaknya yang dilakukan dengan proses produksi, distribusi hingga penjualan dengan melibatkan berbagai macam pihak.

2. Pengertian bisnis Menurut Griffin dan Ebert

pengertian-bisnis-02
pixabay.com

Berdasarkan sudut pandang pemikiran Griffin dan Ebert, bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk dijual, dengan maksud agar mendapatkan laba secara maksimal dalam rangka mencapai kesejahteraan ekonomi pelakunya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa segala macam jenis bisnis atau usaha yang dilakukan pasti sudah terorganisir, sehingga memiliki tujuan jelas. Jika hal tersebut dikonsep dengan benar, maka dapat mendatangkan kesuksesan serta laba banyak untuk kelangsungan kehidupan.

3. Pengertian Bisnis menurut Sukirno

pengertian-bisnis-03
pexels.com

Seorang pengamat ekonomi yang bernama Sukirno mengemukakan bahwa bisnis adalah kegiatan untuk memperoleh keuntungan agar memenuhi kebutuhan hidup para pengusaha dengan perantara dalam mencari rezeki dari hal tersebut.

Tentunya, semua orang atau individu maupun kelompok melakukan kegiatan bisnis untuk mencari keuntungan agar kebutuhan hidup baik primer, sekunder dan tersier bisa terpenuhi dengan baik. Tidak ada seorangpun dengan harapan memiliki kerugian saat menjalankannya.

4. Bisnis dalam Kacamata Hooper

pengertian-bisnis-04
pixabay.com

Menurut Hooper, bisnis adalah segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan dan industri. Keduanya bisa dijalankan dalam jangkauan pasar dasar, processing, manufaktur, jaringan, distribusi, perbankan, asuransi, transportasi serta lain semacamnya.

Penjualan dan industri bisnis tersebut kata Hooper bisa dikembangkan dengan memulai hal-hal kecil dahulu, asalkan ada tekad kuat dalam diri pelakunya. Sehingga, Ia terus bersemangat dan di kemudian hari memperoleh kesuksesan sebenarnya.

5. Pengertian Bisnis Menurut Madura

pengertian-bisnis-05
energepic.com

Madura, seorang peneliti dunia usaha pernah menyatakan bahwa bisnis adalah suatu badan yang diciptakan untuk menghasilkan produk barang dan jasa kepada pelanggan. Setiap aktivitasnya akan  mengadakan transaksi dengan orang-orang terkait.

Orang-orang itu menanggung akibat karena proses usaha tersebut. Kerja sama lintas fungsional di dalam bisnis yaitu, dengan menekankan kebutuhan para manajer dari area kefungsian yang berbeda untuk memaksimalkan laba dalam mencapai tujuan bersama.

6. Bisnis dalam Pemikiran Bukhori Ahla

pengertian-bisnis-06
startupstockphotos.com

Pengertian bisnis selanjutnya yakni dipaparkan oleh seorang ekonom handal Indonesia, Bukhori Ahla. Beliau menyatakan bahwa hal itu merupakan sejumlah total usaha yang meliputi pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, usaha jasa dan pemerintah.

Selain bidang-bidang yang telah disebutkan, bisnis juga bergerak dalam lingkup proses membuat dan memasarkan barang serta jasa kepada konsumen di manapun dan kapanpun. Dengan tujuan, meraih laba atau keuntungan demi mensejahterakan ekonomi keluarga.

7. Bisnis Menurut Louis E.Boone

pengertian-bisnis-07
picjumbo.com

Menurut Louis E. Boone pada tahun 2007, bisnis terdiri dari seluruh aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian. Dengan cara memproduksi barang berwujud maupun pelayanan tertentu.

Pengertian tersebut memberi maksud pada masyarakat bahwa, jika ingin meningkatkan taraf perekonomian menjadi lebih baik, maka mereka harus melakukan suatu usaha dengan perantara bisnis yang bisa dijalankan dengan benar dan tepat berdasarkan keterampilan pelakunya. (Baca: Manajemen Bisnis).

8. Pengertian Bisnis oleh Peterson

pengertian-bisnis-08
freepik.com

Menurut Peterson, bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa. Ini dilakukan secara konsisten serta memberlakukan sistem komitmen antara pelaku dan penerimanya.

Di samping aspek itu, bisnis juga harus mengedepankan sebuah etika. Dimana hal tersebut selanjutnya akan menjembatani proses menuju sukses atau tidaknya, dengan jalan masing-masing oleh para pengusaha dalam menjalankan usaha mereka dengan tetap memperhatikan kebajikan tertentu.

Baca:  7 Pilihan Bisnis Makanan Online yang Menggiurkan

9. Pengertian Bisnis Menurut Dicksee

pengertian-bisnis-09
freepik.com

Menurut seorang ilmuwan ekonomi yang sangat dihormati di seluruh dunia yakni Prof.L.R.Dicksee, bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan, terutama bagi mereka yang mengusahakan atau berkepentingan dalam terjadinya kegiatan tersebut.

Itu berarti, bahwa bisnis haruslah melibatkan perjanjian antara kedua belah pihak dengan komitmen jelas dan dapat dibuktikan di atas kertas. Bahkan, hal tersebut juga bisa menjadi bukti jika ada permasalahan di kemudian hari nanti. Terutama setelah prosesnya selesai serta ingin digali ulang.

10. Pengertian Bisnis Menurut Huatt

pengertian-bisnis-10
freepik.com

Berdasarkan pemikiran Huatt, bisnis merupakan suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. Hal itu dilakukan dengan tujuan utama memperoleh keuntungan dengan perantara proses jual beli.

Definisi tersebut mengharapkan adanya suatu hubungan saling mengisi antara bisnis dan pilihan kebutuhan dalam masyarakat. Setiap tindakan yang diambil dalam akan berakibat dalam sistem sosial lebih besar karena berhubungan dengan politik, ekonomi dan hukum.

11. Pengertian Bisnis Menurut Amirullah dan Imam Haryanto

pengertian-bisnis-11
freepik.com

Pengertian bisnis berdasarkan pendapat Amirullah dan Imam Haryanto dalam buku mereka, bisnis dapat didefinisikan sebagai aktivitas menguntungkan yang dijalankan oleh individu maupun gerombolan orang atau organisasi.

Bisnis tersebut bisa dilakukan dengan cara, menciptakan nilai barang atau jasa dalam rangka mengabulkan permintaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka (melalui sebuah transaksi).

Transaksi yang dilakukan menurut Amrullah harus memenuhi beberapa kriteria tertentu, antara lain telah ada persetujuan antara kedua belah pihak pelaksana serta disaksikan oleh orang lain atau bisa juga dibuatkan bukti tertulis di atas kertas sah.

12. Pengertian Bisnis dalam Sudut Pandang Skinner

pengertian-bisnis-12
unsplash.com

Skinner mendefinisikan bisnis sebagai pertukaran barang atau jasa yang saling menguntungkan atau memberi manfaat. Ia merupakan sebuah aktivitas dengan mengarah pada peningkatan nilai tambah, melalui proses penyerahan jasa, perdagangan atau pengolahan barang (produksi).

Berikutnya, menurut arti dasarnya, bisnis memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and service yang berarti bahwa, di sana terdapat proses transaksi jual beli akan barang dan jasa antara kedua belah pihak.

Hal itu dapat ditafsirkan bahwa keuntungan merupakan suatu tujuan utama sebuah bisnis. Selanjutnya, proses produksi serta distribusi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam rangka menuju kesuksesannya dengan cara halal tanpa kegiatan penipuan.

13. Arti Bisnis Menurut Nimpoena

pengertian-bisnis-13
unsplash.com

Menurut J.S. Nimpoena pada tahun 1985, pengertian bisnis dapat dibedakan dalam arti yang sempit dan luas. Jika berorientasi pada makna sempitnya maka itu tidak lain merupakan bagian dari sebuah fiksi atau karangan saja .

Sedangkan dalam arti luas, bisnis merupakan suatu usaha yang tidak bisa dikaitkan ikatannya dengan dunia ekonomi dan juga politik praktis. Hal ini disebabkan karena, keduanya pada dasarnya merupakan suatu hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mencapai keuntungan bersama.

Hal itu mencerminkan efektivitas suatu masyarakat dalam gerak usahanya. Bisnis juga dapat diartikan sebagai seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perniagaan dan industri dengan menyediakan barang dan jasa.

14. Pengertian Bisnis Menurut Raymond E. Gloss

pengertian-bisnis-14
pexels.com

Raymond E. Gloss seorang pakar ekonomi terkemuka dunia mendefinisikan bisnis adalah, seluruh kegiatan yang telah diorganisir oleh pihak-pihak yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri di manapun berada.

Tugas mereka adalah menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup manusia di muka bumi ini, agar layak serta memperoleh suatu keinginan tertentu demi mencapai kesejahteraan.

Tentunya, kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya bergantung pada seberapa jauh Anda memahami pengertianya saja. Namun, hal tersebut lebih merujuk pada usaha kerja keras yang dilakukan serta kekuatan tekad dalam mengembagkanya hingga memperoleh jaringan luas.

Demikianlah informasi dalam artikel ini yang dapat disampaikan tentang pengertian bisnis serta penafsirannya. Semoga hal tersebut dapat menumbuhkan kesadaran dalam ilmu pengetahuan ekonomi bagi para pembaca sekalian. Sehingga, bisa mengamalkan wawasan dan memperoleh kesejahteraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.